Makassar (ANTARA Sulsel) - Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat Irjen Pol Burhanuddin Andi melakukan pemantauan arus mudik Idul Fitri 1435 Hijriyah di Terminal Regional Daya (TRD) Makassar dan Pelabuhan Soekarno Hatta.

Kapolda yang didampingi pejabat Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Mabes Polri itu mengunjungi beberapa terminal dan pelabuhan sambil berbincang dengan para pemudik, Kamis.

"Pada H-4 ini, kita kedatangan tamu dari Mabes Polri mau memantau langsung pelayanan kepolisian dalam mengawal proses mudik ini dan Alhamdulillah, sampai hari ini prosesnya berjalan lancar," ujarnya.

Kapolda saat berbincang-bincang dengan pihak pengelola terminal serta Pelindo IV, Otoritas Pelabuhan (OP) dan Syahbandar Makassar mengaku mendapat informasi langsung mengenai kenyamanan pemudik serta lonjakannya.

Selama pelaksanaan mudik itu, para penumpang jasa angkutan laut dan darat itu mengalami peningkatan dari hari-hari biasanya dimana peningkatannya tidak cukup signifikan seperti di daerah-daerah Jawa dan lainnya.

"Peningkatan jumlah penumpang juga terjadi di Makassar, tetapi jumlahnya tidak terlalu signifikan, cuma sedikit. Sekitar 10 sampai 20 persen aja peningkatannya," katanya.

Selain memantau sejumlah tempat, mantan Kapolwiltabes Makassar itu tidak lupa melakukan pemantauan terhadap pos-pos pelayanan terpadu demi memastikan pelayanannya berjalan maksimal.

Pada pos pengaman lebaran tersebut berada di titik-titik yang dianggap rawan tindak kejahatan yakni di pusat-pusat perbelanjaan, terminal dan pelabuhan, termasuk titik-titik yang rawan terjadinya kejahatan sehingga harus diwaspadai.

Personel yang memperkuat pos pengamanan terdiri dari aparat kepolisian, TNI dan unsur-unsur terkait, seperti Dinas Perhubungan. Bahkan ada juga anggota pramuka yang membantu aparat untuk memantau kondisi keamanan di pos tersebut.

Mantan Kapolda Bengkulu itu juga mengatakan jajaran Kepolisian diharapkan mampu untuk melakukan deteksi dini terhadap setiap potensi yang dapat mengganggu ketertiban masyarakat, kelancaran lalulintas, tindak kejahatan maupun teror.

Dalam kesempatan itu Kapolda meminta kepada masyarakat di daerah itu untuk dapat bekerja sama dengan aparat keamanan agar dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman.

"Peran serta masyarakat juga sangat diharapkan untuk dapat menciptakan kondisi yang aman selama Idul Fitri 1435 Hijriyah" jelasnya. Biqwanto

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024