Kupang (ANTARA Sulsel) - Sejumlah objek wisata di Kupang seperti Pantai Lasiana Kota Kupang dan objek wisata air Baumata dan Manikin Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur ramai dan dipadati pengunjung pada setiap hari Minggu dan liburan hari raya.  

"Ramai dan padatnya pengunjung mulai nampak sejak hari pertama Lebaran dan terus meningkat hingga hari kedua pasca-Idul Fitri 1435 Hijriah dan diperkirakan akan terus meningkat selama hari libur dan cuti bersama Lebaran yaitu pada H+3 dan H+4," kata pengelola obyek wisata Pantai Lasiana, Daud Umbu Kaleka, di Kupang, Selasa.

Ia mengatakan pengalaman setiap hari raya besar agama, seperti Lebaran dan Natal, objek wisata Pantai Lasiana selalu mengalami peningkatan pengunjung, jika dibandingkan dengan jumlah pengunjung pada hari biasa.

Ia mengatakan, jika pada hari biasa pengunjung objek wisata Pantai Lasiana ini berkisar hanya 50-100 orang. Maka pada hari raya besar agama terjadi lonjakan pengunjung antara 200-300 orang.

Ia menambahkan, sebelum objek wisata ini direnovasi pertengahan tahun lalu, objek wisata pantai ini sepi pengunjung.

Namun, setelah diperbaiki, para pengunjung terus mengalir ke objek wisata ini, terutama pada hari Minggu atau hari libur.

Joni Mesakh, penjaga pintu masuk objek wisata Pantai Manikin, yang terletak di Kelurahan Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang ini mengaku selama tiga hari terakhir (masa liburan) objek wisata itu mulai "diserbu" oleh pengunjung yang datang dari berbagai tempat di sekitar Kota Kupang.

Seperti disaksikan, para pengunjung baik yang menggunakan kendaraan terbuka, sepeda motor maupun kendaraan pribadi mulai berdatangan ke lokasi tersebut sejak pagi.

Para pengunjung yang umumnya datang dari ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu, memilih dua objek wisata tersebut untuk melepas lelah bersama keluarga mengisi liburan lebaran.

"Sekitar 300 lebih pengunjung memadati pantai berpasir putih Lasiana sejak pukul 10.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita dan sebagian baru mulai memasuki kawasan wisata itu pada pukul 12.15 WITA.

Nurzamina (28), salah seorang pengunjung di Pantai Lasiana mengatakan, dirinya bersama keluarga berkunjung ke objek wisata tersebut untuk berekreasi mengisi liburan sekolah menjelang Lebaran.

Ia mengatakan tahun ini kami memutuskan untuk tidak mudik Lebaran, sehingga memilih menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi keluarga di Kupang dan berekreasi ke tempat-tempat wisata yang ada.

"Jenuh juga tinggal terus di rumah. Mumpung hari libur, saya bersama keluarga ingin melepas lelah sekaligus menikmati pemandangan alam pantai di Lasiana ini," katanya.

Hal serupa dikemukakan Zaenab, warga perumahan BTN Kolhua di wilayah Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. "Kami sekeluarga memutuskan untuk tidak mudik lebaran ke kampung halaman di Pamekasan, Jawa Timur dan hanya melakukan kunjungan ke tempat wisata. Dan kebetulan obyek wisata Lasiana lebih dekat dan mudah untuk menjagkaunya," katanya.

Khusus untuk warga dalam Kota Kupang, menjangkau obyek wisata Lasiana, hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit, karena jaraknya hanya sekitar 14 km dari pusat kota. Kaswir


Pewarta : Hironimus Bifel
Editor :
Copyright © ANTARA 2024