Makassar (ANTARA Sulsel) - Arus balik di Terminal Regional Daya, Makassar masih sepi dari aktivitas penumpang dan mobil angkutan keluar dan masuk terminal.

"Penumpang atau pun mobil angkutan hanya satu dua saja yang keluar masuk, diprediksi besok Sabtu atau Minggu barulah terjadi lonjakan arus balik," kata petugas TRD M Yahya di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, penumpang yang mudik ke sejumlah kabupaten dan ke provinsi tetangga, masih banyak yang belum kembali ke Makassar, khususnya dari Sultra, Sulut dan Gorontalo.

Menurut dia, untuk menghadapi peningkatan jumlah penumpang arus balik, termasuk armada angkutan yang masuk ke terminal, pihaknya sudah menyiapkan fasilitas pendukung seperti layanan posko kesehatan dan keamanan.

"Penumpang dapat menggunakan fasilitas itu jika membutuhkan, sebelum ke lokasi tujuan," katanya.

Sementara itu, salah seorang pedagang kaki lima di sekitar pelataran TRD, Makassar Sabaruddin mengatakan, pedagang yang berjualan di terminal masih kurang, karena sebagian juga mudik.

Namun pada puncak arus balik, biasanya pedagang kembali ramai, karena akan panen pembeli pada saat puncak arus balik, bahkan pedagang musiman juga berjamur tak jauh dari gerbang terminal.

"Meski pun sudah ada pedagang yang khusus berjualan di dalam terminal, namun pedagang juga ramai di luar terminal pada saat puncak arus mudik atau pun arus balik," katanya. Fardah Assegaff

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024