Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar menjanjikan bonus sebesar Rp6 Juta bagi atlet peraih medali emas pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV dan Pekan Paralimpik Provinsi (Pepaprov) III di Bantaeng, Sulsel, 9-16 September 2014.

Ketua KONI Makassar Agar Jaya, saat dihubungi dari Makassar, Selasa, mengatakan jumlah bonus yang rencananya diberikan mengalami kenaikan dua hingga tiga kali lipat dari yang diperoleh atlet pada Porda Pangkep 2010.

"Untuk atlet Porda mengalami peningkatan dua kali lipat dan atlet pepaprov sebanyak tiga kali lipat. Pada pelaksanaan Porda 2014 ini memang nilainya disamakan antara atlet Porda dan Pepaprov atau yang sebelumnya masih Porcada," kata Agar Jaya yang sedang berada di Bandung untuk urusan pekerjaan tersebut.

Pada penyelenggaran Porda Pangkep 2010, Kota Makassar memberikan bonus sebesar Rp3 Juta bagi peraih medali emas, sedangkan untuk ajang pepaprov yang digelar bersamaan diberikan bonus sebesar Rp2 juta bagi atlet paralimpik.

Menurut dia, bonus tersebut memang hanya untuk atlet peraih emas nomor perorangan. Adapun untuk kategori beregu, pihaknya akan memberikan sebesar Rp4 juta. Peraih perak akan mendapatkan Rp3 juta (perorangan) dan Rp2 juta untuk beregu.

Begitupun dengan perolehan medali perunggu dengan memberikan sebanyak Rp2 juta untuk perorangan dan Rp1,5 juta untuk beregu.

Hal serupa juga berlaku bagi para pelatih dan tim mekanik yang juga akan mendapatkan bonus yang lebih besar yakni sebanyak Rp1,5 juta (emas), Rp750 ribu (perak) serta Rp300 ribu untuk medali perunggu.

"Kami berharap dengan peningkatan jumlah bonus akan membuat atlet semakin termotivasi dalam beraltih dan meningkatkan kemampuan jelang tampil di Porda 2014," katanya.

Menghadapi Porda 2014, Kontingen Makassar akan diperkuat sebanyak 375 atlet yang terdiri dari 337 atlet putra dan putri Porda XV serta 38 atlet putra dan putri Pepaprov III. Para atlet akan didampingi 73 pelatih, 12 mekanik, serta 23 ofisial.

Seluruh atlet Makassar, lanjut dia, akan tampil dalam 25 cabang olahraga yang dipertandingkan pada aang olahraga terbesar se-Sulsel tersebut.

Pada Porda XV 2014, Kontingen Kota Makassar kembali menargetkan mempertahankan prestasi sebgai juara umum. Makassar optimistis bisa kembali menjadi yang terbaik karena diperkuat para atlet terbaik yang selama ini memperkuat Sulsel di tingkat nasional.

"Kami telah membentuk tim defenitif dan telah mengajukan namanya ke Wali Kota Makassar untuk mendapat Surat Rekomendasi (SK).Kini tinggal menunggu jadwal pelantikan secara resmi sebelum tampil di Porda," ujarnya. Farochah

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024