Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim sepak takraw putri Indonesia dipastikan tetap diberangkatkan menuju Asian Games Korea Selatan 2014 setelah berhasi merebut satu perak dan perunggu pada Kejuaraan internasional di Bangkok, Thailand, 4-12 Agustus 2014.

Pelatih Sepak Takraw Indonesia Muhammad Amkar, saat dihubungi dari Makassar, Rabu, mengatakan, tim putri pada awalnya memang belum dipastikan tampil di Asian Games sebelum mampu membuktikan kualitasnya saat berlaga di Kings Cup Thailand 2014.

"Status tim putri sebelum Kings Cup memang masih fifty-fifty. Namun saat ini sudah ada keputusan untuk tetap menurunkannya di Asian Games setelah berhasil menyumbangkan dua medali di ajang tersebut," jelasnya.

Pada Kejuaraan internasional Kings Cup 2014, timnas sepak takraw putri berhasil merebut medali perak dari nomor tim serta perunggu untuk kategori beregu.

Selain kepastian tampil di Asian Games 2014, tim putri juga mendapatkan satu tambahan atlet sehingga menjadi 11 atlet. Sedangkan untuk tim putra, kata dia, tetap akan berkekuatan sebanyak 12 atlet yang juga sudah tampil di Kings Cup 2014.

"Kami dengar pihak satlak prima memberikan satu kuota tambahan atlet putri sehingga menjadi 11 atlet. Dengan tambahan satu putrri membuat jumlahnya menjadi 23 atlet. Saya kira cabang takraw untuk kali ini menjadi penyumbang terbanyak setelah sebelumnya ditempati dayung," katanya.

Sementara itu, Ketua Bidang pelatihan dan Pertandingan PB PTSI Saleh Gottang menyatakan, pihaknya juga akan segera menggelar rapat kerja nasional (Rakerjas) untuk membahas pembatasan usia Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jakarta, 31 Agustus 2014.

Sekretaris Umum PSTI Sulsel itu mengakui memang ada usulan dari Pengprov Jawa Barat untuk batas usia atlet maksimal 27 tahun. Salah satu alasan PSTI Jabar karena dua atlet yang kini memperkuat timnas memang sudah akan berusia 27 tahun pada PON 2016.

Terkait usulan Jabar itu pada akhirnya ditolak atau diterima, kata dia, tentu saja tergantung dari persetujuan peserta rakernas 2014. Pihaknya juga berharap hasil rakernas memberikan efek positif bagi prestasi Indonesia diajang internasional.

"Salah satu yang akan dibahas pada Rakernas yakni batas usia peserta PON Jabar 2016. Pada pelaksanaan PON 2012 batas usia atlet maksimal 25, untuk pelaksanaan nanti kita akan serahkan ke peserta rakernas," ujarnya. FC Kuen

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024