Makassar (ANTARA Sulsel) - Kontingen Sulawesi Selatan sukses merebut medali emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) anggar di Gedung Anggar Samarinda, Kaltim, 20-28 Agustus 2014.

Pelatih Anggar Sulsel Ira Sir Idar, saat dihubungi dari Makassar, Selasa, mengatakan perolehan emas Sulsel dipersembahkan Muhammad Haerullah di kelas degen putra senior. Haerullah sukses menjadi yang terbaik setelah mengalahkan peanggar asal Jawa Tengah dibabak final.

"Haerullah kembali mampu membuktikan kualitasnya dengan merebut emas dikategori senior. Kami tentu bersyukur dengan hasil ini. Mudah-mudahan keberhasilan ini berimbas pada atlet lain yang masih akan tampil kemudian," jelasnya.

Selain perolehan emas, tim anggar Sulsel juga sukses merebut satu medali perunggu melalui Almaidah untuk kategori junior.

Sementara untuk kategori prakadet dan kadet yang dipertandingkan lebih awal, dirinya mengaku gagal meraih medali. Delapan atlet Sulsel yang diturunkan terlihat masih kesulitan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Muhammad Haerullah, juga mengaku bersyukur bisa mempersembahkan yang terbaik bagi Sulsel. Dirinya juga bertekad untuk terus menjaga penampilannya agar kembali mampu meraih hasil maksimal bagi Sulsel diajang selanjutnya.

"Saya ucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Sulsel selama ini. Mudah-mudahan pada ajang berikut termasuk PON bisa kembali berprestasi," ujarnya.

Menghadapi Kejurnas 2014, Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Sulsel menurunkan sebanyak 20 atlet. Seluruh atlet tampil pada sejumlah kategori yakni prakadet, kadet, junior serta senior. Pada kelas senior akan diperkuat sejumlah atlet mantan timnas SEA Games seperti Muhammad Haerullah, Isnawati Sir Idar serta Aryanto.

Pengprov IKASI Sulsel sengaja melibatkan para mantan atlet timnas itu demi menjaga peluang meraih hasil maksimal. Keterlibatan atlet senior itu juga karena keputusan PB IKASI yang tidak memberlakukan pembatasan usia pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Haerullah di kejurnas. Pihaknya berharap hasil ini terus dipertahankan hingga pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016.

Mengenai hasil maksimal yang diraih tim anggar Sulsel di Kejurnas 2014 diakui memang penting. Sebab cabang olahraga ini merupakan salah satu andalan Sulsel untuk meraih medal emas pada pelaksanaan PON di Jawa Barat 2016. H Wahyudono

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024