Makassar (ANTARA Sulsel) - Penyelenggaraan Kejuaraan Ski Air "Makassar Asian Cup" di Danau Tanjung Bunga Makassar, 5-7 September 2014 akan melibatkan panitia asing.

Sekretaris Umum PSAWI Sulsel sekaligus panitia lokal Ismail Sellery, di Makassar, Selasa, mengatakan panitia asing yang berasal dari Inggris dan Malaysia itu direncanakan tiba bersamaan dengan rombongan panitia dari Jakarta, 28 Agustus 2014.

"Panitia dari Jakarta termasuk asal luar negeri direncanakan tiba di Makassar 28 Agustus. Seluruh panitia ini selanjutnya akan fokus mempersiapkan sarana dan prasaran lomba untuk mendukung penyelenggaraan kejuaraan," katanya.

Pihaknya memang berharap agar panitia dari luar bisa segera datang untuk menyiapkan arena lintasan. Apalagi seluruh peralatan yang akan digunakan pada ajang itu memang sudah berada di Makassar.

"Jadi setelah panitia datang semua, kita sudah bisa memasang seluruh peralatan dan menyiapkan lintasannya. Kami juga berharap dukungans eluru pihak agar pelaksanaan kejuaraan Asia ini bisa berjalan lancar," jelasnya.

Selain panitia asing, kejuaraan Asia yang dirangkaikan denan pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Andi Mattalatta ini juga akan dipimpin wasit asing.

Wasit asing yang bertugas, menurut dia, memang dikirim langsung dari organisasi ski air dan wakeboard Asia. Pihaknya juga mengakui belum mengetahui berapa jumlah wasit yang akan memimpin pertandingan dua kejuaraan tersebut.

"Wasit asing tidak hanya bertugas untuk kejuaraan asia namun juga kejurnas Piala Andi Matallatta. Kehadiran wasit asing tentu akan membuat penilain semakin obyektif dan adil," ujarnya.

Pelaksanaan kejuaraan Asia 2014 di Makassar akandiikuti sebanyak 11 negara diantaranya Jepang, Korea Selatan, China, Hongkong, Malaysia, Thailand, termasuk Indonesia selaku tuan rumah.

Untuk pelaksanaan kejuaraan Asia 2014, kata dia, diperkirakan akan diikuti sebanyak 30 hingga 40 atlet dari 11 negara peserta. Seluruh atlet akan tampil disejumlah kategori lomba yakni slalom, trick, jumping, over all dan wakeboard.

Selain kategori wakeboard, seluruh nomor yang akan dipertandingkan pada Kejuaraan Asia 2014 tersebut tidak berbeda dengan yang dilaksanakan di kejurnas.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024