Mamuju (ANTARA Sulsel) - Bupati Mamuju, Sulawesi Barat, DR.H.Suhardi Duka, MM, membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) catur memperebutkan piala bupati, diikuti 60 peserta dari 12 klub yang ada di daerah itu.

Bupati Mamuju dalam sambutannya di Mamuju, Selasa, mengatakan olahraga catur merupakan jenis pertandingan adu asah otak.

"Selain bisa berprestasi, ini juga olahraga orang-orang yang memiliki IQ diatas rata-rata. Karena ini merupakan olahraga otak. Akan susah memenangkan pertandingan ini apabila memiliki IQ yang rendah. Jika IQ kita rendah kita hanya bisa memikirkan dua langkah kedepan tapi kalau IQ tinggi maka kita mampu memikirkan lima langkah kedepan," kata Suhardi.

Dia mengatakan, pemda akan mendukung setiap cabang olahraga karena dengan prestasi olahraga maka daerah akan ikut dibanggakan.

"Lagu Indonesia raya bisa berkumandang di negara lain karena olahraga. Makanya, pemerintah terus mendorong dalam mendukung kebangkitan olahraga nasional," ungkap bupati.

Khusus untuk catur maka pemda akan membantu dalam pengadaan fasilitas catur melalui KONI Mamuju.

Sementara Ketua Percasi Kabupaten Mamuju, Yusri Muis ikut memuji bupati Mamuju atas dukungannya terhadap olahraga catur.

"Dukungan Pemkab Mamuju terhadap kegiataan ini cukup besar sehingga turnamen ini dapat terlaksana dengan baik," jelasnya.

Yusri berharap, kejuaraan ini diharapkan mampu melahirkan pecatur handal sebagai langkah persiapan menghadapi Porprov II tahun 2014 di kabupaten Polman. Agus Setiawan

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024