Makassar (ANTARA Sulsel) - Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel H Gazali Suyuti bersama Asisten Bidang Kesra Pemprov Sulsel H Andi Mappagio melakukan peninjauan persiapan Asrama Haji Sudiang, Makassar dalam menyambut jamaah calon haji (JCH).

"Semua jajaran terkait, petugas medis dan keamanan, semuanya sudah siap menjemput dan melaksanakan tugasnya dalam melayani JCH embarkasi Hasanuddin periode 2014," kata Gazali disela-sela apel persiapan menyambut JCH di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, dari sisi fasilitas di Asrama Haji Sudiang yang direnovasi ataupun terdapat dua bangunan baru untuk asrama, kini sudah siap pakai.

Dengan demikian, selain merenovasi beberapa bagian asrama, juga siap menyediakan dua unit asrama penginapan jamaah haji dengan kapasitas masing-masing kamar untuk empat orang daru yang sebelumnya satu kamar ada yang dihuni hingga enam orang.

Sedang jumlah kloter pada pemberangkatan JCH 2014 yang mencapai 5.777 orang sebanyak 27 kloter atau lebih sedikit dibandingkan periode 2013 yang mencapai 32 kloter dengan jumlah CJH yang sama.

Meskipun terjadi pengurangan kloter, namun kapasitas satu kloter pada musim haji ini mencapai 455 orang, sedang tahun lalu hanya 375 orang per kloter.

"Kami berharap dengan adanya tambahan fasilitas layanan di Asrama Haji Sudiang, ini akan menambah kenyamanan para JCH, sehingga dapat beribadah dengan baik nanti di tanah suci," kata Gazali.

Hal senada dikemukakan Mappagio pada kesempatan yang sama. Dia mengatakan, Pemprov sebagai tuan rumah pelaksaan pemberangkatan dan pemulangan haji untuk daerah kawasan timur Indonesia akan berupaya optimal memberikan layanan terbaik. Budi Suyanto

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024