Makassar (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pameran foto Mahakarya Kemerdekaan merupakan refleksi rekam jejak pembangunan dalam mengisi kemerdekaan.

"Dalam mengisi kemerdekaan ini, harus terus mendorong kreativitas termasuk seperti yang dilakukan saat ini dengan menggelar pameran foto bertema kemerdekaan," kata Syahrul pada pembukaan pameran foto Mahakarya Kemerdekaan di Makassar, Kamis.

Menurut dia, apabila makna kemerdekaan belakangan ini mulai terkikis, bahkan sebagian menganggap kemerdekaan itu merupakan sesuatu yang lumrah harus terjadi, maka pergeseran makna kemerdekaan itu harus diarahkan dengan mengisi kemerdekaan dengan mendorong kreativitas.

Dia mengatakan, merdeka harus diartikan maju, bangkit, sejahtera dan maju bersama untuk menghadirkan bangsa yang kuat dan berwibawa.

"Kita adalah negara yang banyak pulau, suku dan bahasa, karena itu Indonesia harus senantiasa dijaga untuk tetap bersatu. Itulah makna kemerdekaan yang harus diperhatikan," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Utama LKBN Antara Wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Agus Setiawan mengatakan, pameran foto ini digelar atas kerjasama Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) Makassar LKBN Antara Sulsel dengan Pemprov Sulsel.

Dia mengatakan, pameran foto ini merupakan yang kedua kalinya bekerjasama dengan Pemprov Sulsel. Pada pameran yang memotret tentang aktivitas dan karya pembangunan dalam mengisi kemerdekaan dalam berbagai sektor, diharapkan dapat memaknai arti kemerdekaan itu sendiri.

"Pameran foto ini adalah bentuk kreativitas dalam merekam jejak pembangunan dalam mengisi kemerdekaan yang kini sudah berusia 69 tahun," ujarnya. Agus Setiawan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024