Makassar (ANTARA Sulsel) - PPIH Embarkasi Hasanuddin, Makassar, menerima Jamaah Calon Haji (JCH) asal Makassar, Parepare dan Soppeng yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) I.

"Untuk kloter I ini akan diberangkatkan 455 orang pada Senin (1/9) dan sekarang jamaah masuk asrama untuk bimbingan dan cek kesehatan terakhir," kata Kabid Pengelola Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel H Iskandar Fellang di Makassar, Minggu.

Menurut dia, semua persiapan layanan untuk JCH sudah dioptimalkan, termasuk fasilitas penginapan dengan penambahan dua unit asrama yang menampung empat orang JCH per kamar.

Sementara itu dari segi pelayanan kesehatan, juga telah disiapkan pada H-2 para JCH memasuki Asrama Haji Sudiang, Makassar, pada Minggu (31/8).

Dalam jadwal pemberangkatan Kloter I Embarkasi Hasanuddin, tercatat sebanyak 203 orang JCH asal Kabupaten Soppeng, 147 orang dari Kota Makassar dan 100 orang dari Kota Parepare.

Sementara itu, Bupati Soppeng H Andi Sutomo mengatakan, JCH yang diberangkatkan pada musim haji 2014 hanya 203 orang.

"Karena hanya itu kuota yang diperoleh Pemkab Soppeng, sementara daftar tunggu saat ini sudah harus menunggu hingga 25 tahun ke depan," katanya.

Sementara mengenai JCH yang beresiko tinggi, lanjut dia, sudah dipantau sejak awal pada pemeriksaan di d Pemkab Soppeng.

Jamaah yang lumpuh karena stroke ataupun hamil ditunda keberangkatannya. Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat menjalankan ibadah di tanah suci Makkah dan Madina. Chaidar

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024