Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, menjadikan tanaman buah pisang sebagai komoditas andalan ekonomi daerah yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Mamuju Tengah merupakan tanah yang subur yang di wilayahnya banyak dikembangkan tanaman pisang karena alamnya yang cocok, tanaman pisang dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani," kata Pengemban Bupati Mamuju Tengah Ismail Zainuddin di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan apabila komoditas pisang dikelola secara maksimal melalui industri maka hasilnya akan lebih bernilai ekonomis dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.

"Pisang di Mamuju Tengah sudah menjadi komoditi `ekspor` ke sejumlah daerah di Kalimantan, itu artinya peluang mengembangkan pisang menjanjikan karena pasarannya sangat jelas," katanya.

Oleh karena itu, pemerintah akan memberikan perhatian penuh untuk pengembangan pisang di Mamuju Tengah.

Hal itu, katanya, selain akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga mampu meningkatkan ekonomi daerah.

"Siapa pun melanjutkan kepemimpinan di Mamuju Tengah harus terus memberikan perhatian pada pengembangan pisang, baik dari segi pengolahan industrinya, pengembangan distribusi hasil, dan pemasarannya," katanya.

Selain sawit yang sudah menjadi komoditas andalan Mamuju Tengah selama ini, katanya, pisang juga harus disiapkan ke depan.

"Pisang merupakan makanan khas masyarakat Sulbar secara turun temurun, makanya komoditi itu mesti dikembangkan menjadi komoditi andalan yang bisa bermanfaat menjadi pangan lokal selain beras," katanya.

Untuk itu, ia juga berharap pemerintah pusat membantu Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah dalam hal pengadaan fasilitas teknologi tepat guna dan pembinaan untuk pengembangkan pangan lokal tersebut. MH Atmoko

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024