Makassar (ANTARA Sulsel) - Pertamina Marketing Operasional Regional (MOR) VII Wilayah Sulawesi menyatakan bahwa pihaknya memastikan kualitas dan keamanan tabung berbagai produk elpiji yang didistribusikan kepada konsumen.

"Sebelum diisi, kami selalu memeriksa apakah ada kebocoran atau tidak. Hanya tabung yang benar-benar baik dan aman yang akan kami distribusikan kepada konsumen," ujar Customer Relation Pertamina MOR VII Ibnu Adiwena di Makassar, Selasa.

Terkait isu bahwa tabung Elpiji kerap dianggap menjadi penyebab ledakan dan kebakaran, Ibnu mengatakan bahwa hal tersebut harus dibuktikan lebih lanjut oleh aparat yang berwenang.

"Perlu ada pembuktian bahwa kebakaran yang terjadi memang disebabkan oleh kebocoran elpiji," tegas Ibnu.

Ibnu menjelaskan bahwa Pertamina MOR VII juga terus melakukan sosialisasi dan peningkatan pemahaman masyarakat tentang keamanan pemakaian tabung Elpiji.

"Misalnya saat ini, kami sudah melakukan pemasangan petunjuk penggunaan dan pemasangan elpiji di tabung 12 kg. Semua ini kami lakukan dalam rangka memberikan pemahaman penggunaan yang aman kepada masyarakat," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini tingkat konsumsi elpiji di wilayah Sulawesi cukup baik.

"Untuk bulan Agustus saja, penyaluran elpiji ukuran 3 kg mencapai 6.774 MT, sedangkan elpiji 12 kg mencapai 1.409 MT," pungkas Ibnu.  Farochah

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024