Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim karate Sulawesi Selatan berhasil merebut satu medali emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) antarPusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Medan, Sumatera Utara, 30 Agustus - 2 September 2014.

Pelatih Karate PPLP Sulsel Aswan Ali di Makassar, Kamis, mengatakan perolehan medali emas Sulsel dipersembahkan Kartina Eka Putri pada kelas -59kg. Sulsel juga berhasil mengoleksi lima medali perak masing-masing melalui Arya Permadha (kelas -61kg putra), Reynold Reski Putra (kelas -67kg), Andi Anugrah yang turun di kelas +76kg putra.

"Medali perak lainnya dipersembahkan Elisa Nur Wahyu di kelas -42kg putri dan Shinta yang kita turukan di kategori Kata perorangan putri," jelasnya.

Selain itu, Kontingen Sulsel yang berkekuatan 13 atlet tersebut juga sukses merebut lima perunggu dari Maudy Mardani (-53kg putri), Suzanti Solihin (kelas +59kg putri), Riska Dwi Astuti (-48kg putri), Rafiul Randi (-45kg putra), serta Andriyuda yang tampil di kategori Kata Perorangan putra.

Mengenai perolehan Sulsel di Kejurnas PPLP 2014 memang mengalami penurunan dibandingkan pencapaian 2013. Sulsel yang ketika itu tampil dengan 12 atletnya justru sukses merebut empat medali emas, dua perak dan empat perunggu.

Untuk itu, tim pelatih akan tetap melakukan evalusi terhadap sejumlah kekuarangan agar hasil yang dicapai pada tahun ini bisa lebih baik lagi pada pelaksanaan Kejurnas PPLP 2015.

"Hasil yang kita raih cukup baik jika melihat kenyataan bahwa kita pada Kejurnas PPLP 2014 ini setengahnya merupakan atlet yang baru bergabung tahun ini," katanya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, berharap keberadaan PPLP khususnya cabang karate bisa terus melahirkan atlet berkualitas yang nantinya bisa menjadi andalan Sulsel baik ditingkat nasional hingga internasional.

Proses pembinaan atlet yang dilakukan PPLP juga penting sebagai upaya regenerasi atlet. Apalagi karate merupakan saah satu cabang olahraga unggulan Sulsel termasuk di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016.

"Karate merupakan salah satu cabang olahraga yang selalu menjadi andalan Sulsel baik di level nasional hingga internasional. Kami tentu berharap pembinaan terus berjalan sehingga semakin banyak atlet yang bisa dimunculkan," ujarnya. M Taufik

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024