Jayapura (ANTARA Sulsel) - Masyarakat yang bermukim di Abe Pantai, Distrik Abepura, menemukan kerangka dan tengkorak yang diduga mantan tentara Jepang di kawasan gunung Sorabu, Kota Jayapura.

Lurah Abepantai Rina Imelda Tjoe kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengaku, kawasan gunung Sorabu diduga menyimpan banyak kerangka dan tengkorak mantan tentara Jepang yang tewas saat Perang Dunia (PD) II.

Dugaan itu berdasarkan laporan dari laporan masyarakat yang mencari kerang untuk dijadikan kapur yang sering menemukan tengkorak dan kerangka tentara Jepang.

Karena itulah, Senin (8/9), kata Rina Tjoe, bersama beberapa warga ke gunung yang dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat dari Abepantai sekitar lima menit kemudian naik ke gunung Sorabu.

Dikatakan, untuk mencapai lokasi harus memanjat gunung sekitar dua jam dan kondisi gunung cukup terjal.

Saat kelokasi, kata Rina, mereka membawa tiga tenggorak sebagai bukti bila dikawasan itu memang menyimpan tengkorak dan kerangka mantan tentara Jepang.

Menurutnya, selain menemukan kerangka dan tengkorak masyarakat juga menemukan senjata bekas PD II yang dibawa mereka saat berperang.

Namun karena ketidaktahuan maka senjata itu dijual ke pengumpul barang bekas,aku Lurah Abepantai Rina Tjoe.

Dikawasan Abepantai sendiri terdapat monumen tentara Jepang yang terkadang masih dikunjungi warga Jepang. E.S. Syafei

Pewarta : Evarukdijati
Editor :
Copyright © ANTARA 2024