Makassar (ANTARA Sulsel) - PT Pelindo IV menyerahkan bantuan berupa satu unit mobil truk sampah kepada Pemerintah Kota Makassar sebagai bentuk dukungannya terhadap program yang dicanangkan yakni Makassar Tidak Rantasa/jorok (MTR).

Penyerahan bantuan diberikan secara langsung oleh Direktur Pelindo IV, Mulyono kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di kantor Pelindo IV Makassar, Senin.

"Ini adalah wujud partisipasi dari semua kalangan yang merespon kegiatan kami. Tentunya, semua program pemerintah tidak akan berjalan kalau seluruh lapisan masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta tidak ikut di dalamnya," ujar Ramdhan Pomanto saat menerima satu unit truk sampah itu.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan oleh PT Pelindo IV ini akan memudahkan para petugas pengangkut sampah karena dengan adanya tambahan armada baru, diharapkan masalah persampahan di kota ini bisa segera diminimalisir.

Danny sapaan akrab wali kota juga mengungkapkan jika bantuan berupa truk mobil itu juga datang dari kalangan pengusaha dan berharap kedepannya masih ada pihak swasta lainnya yang akan menyumbangkan.

"Kalau berbicara kebutuhan, kebutuhan kita itu banyak. Bayangkan, Makassar yang berpenduduk 1,7 juta jiwa hanya dilayani oleh beberapa truk yang seharusnya bisa lebih banyak lagi. Kalau masih ada pihak swasta yang mau bantu, itu bagus lagi dan kita mengapresiasinya," katanya.

Sebelumnya, lima unit mobil truk sampah juga diberikan oleh pengusaha kepada Pemerintah Kota Makassar tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2014.

"Ini sangat spesial karena tepat di hari kemerdekaan ini, kita mendapat lagi bantuan dari pengusaha berupa truk sampah untuk mendukung program MTR (Makassar Tidak Rantasa/jorok) ini," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat itu.

Lima truk sampah itu diserahkan langsung oleh Hj Najemiah sebanyak dua unit, dari Grand Clarion Group sebanyak dua unit dan dari PT Tosan sebanyak satu unit.

Ia mengatakan, bantuan dari pihak pengusaha atau korporasi dalam mendukung program Gerakan Masyarakat Makasssar Tidak Rantasa (Gemar MTR) itu sangat membantu pemerintah dalam menciptakan Makassar yang bebas dari sampah.

Koordinator program Gemar MTR, Burhanuddin, mengaku, bantuan lima unit truk sampah tersebut adalah tahap awal dari total 20 unit yang rencananya akan diserahkan ke Pemkot.

"Sebanarnya ada 20 mobil truk sampah yang akan diberikan oleh sejumlah pengusaha yang peduli dengan kebersihan kota kita, namun tahap awal baru lima dulu, selanjutnya akan menyusul," kata Kata Asisten Bidang Keuangan dan Aset Pemkot ini. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024