Mamuju (ANTARA Sulbar) - Musim tanam padi di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat didukung iklim yang baik sehingga produksi padi di Mamuju diprediksi akan tinggi pada tahun ini.

Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mamuju Sofyan di Mamuju, Sabtu, mengatakan padi petani di Mamuju tahun ini didukung iklim yang baik sehingga produksi padi di Mamuju akan tinggi.

Ia mengatakan karena iklim yang mendukung maka petani menanam tiga kali pada tahun ini karena didukung ketersediaan air untuk pengairan padi dan diharapkan pada tahun berikutnya iklim tetap mendukung sehingga pada tahun berikutnya produksi padi juga akan naik.

Menurut dia, sawah di Mamuju sangat tergantung musim dan Mamuju merupakan daerah peralihan antara musim kemarau dan hujan.

Oleh karena itu ia mengatakan, ketika iklim mendukung seperti tahun ini maka pemerintah di Mamuju sangat optimis target produksi beras sebesar 106 ribu ton dapat tercapat tahun ini pula.

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi ancaman kemarau dan perubahan terjadi maka pemerintah telah menyiapkan sarana pertanian seperti sistem pompanisasi di daerah yang potensi kekeringannya tinggi.

Disamping itu, kata dia, dengan menyiapkan varietas bibit yang berumur pendek dan cepat dipanen sehingga produksi padi di Mamuju tetap aman sesuai target. Agus Setiawan

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024