Makassar (ANTARA Sulsel) - Jamaah Calon Haji (JCH) Kelompok terbang (Kloter) 16 gabungan dari tiga daerah yakni Kabupaten Jeneponto, Maros dan Kota Makassar dilepas di Asrama Haji Sudiang, Makassar menuju Jeddah, Arab Saudi.

"Hari ini dua kloter yang diberangkatkan yakni kloter 15 yang diberangkatkan pukul 03:15 Wita dan kloter 16 yang akan diberangkatkan pukul 15:15 Wita," kata Kepala Staf Penyelenggara Urusan Haji Provinsi Sulsel HM Gazali Suyuti di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, JCH gabungan tiga daerah ini sebelum diberangkatkan terlebih dahulu diberikan pembekalan dan pengarahan, sebelum diberikan kelengkapannya seperti paspor, "living cost" dan sebagainya.

Adapun kloter 16 terdiri dari 269 orang JCH dari Jeneponto, 126 orang JCH Kabupaten Maros dan 55 orang JCH dari Kota Makassar, Sulsel.

Sementara itu, Kabid Pengelola Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Sulsel H Iskandar Fellang mengatakan, pemberangkatan JCH dua kloter itu merupakan pemberangkatan melalui Embarkasi Hasanuddin gelombang kedua.

Berdasarkan data Siskohat di Asrama Haji Sudiang diketahui, hingga saat ini sudah sekitar 6.750 orang JCH yang telah diberangkatkan dan sedang melakukan ibadah di tanah suci Madinah dan Makkah.

Sementara total JCH yang berjumlah 27 kloter dari Sulawesi, Maluku dan Papua tercatat sebanyak 11.973 orang JCH dari jumlah tersebut JCH asal Sulsel sebanyak 5.777 orang.

Sedang kloter 17 yang berasal dari Kabupaten Bulukumba 326 orang JCH dan Kabupaten Maros 124 orang dijadwalkan masuk pada Sabtu (20/9) pukul 17:00 Wita. Setiap kloter yang diberangkatkan tercatat 450 orang JCH dan lima orang petugas haji dan petugas kesehatan. Agus Setiawan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024