Mamuju (ANTARA Sulbar) - Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) Sulawesi Barat, ikut memberikan apresiasi atas kemajuan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Sulbar dalam rentang waktu 10 tahun terakhir ini.

"Tidak bisa dipungkiri hasil pembangunan yang dilaksanakan pemerintah provinsi, di bawah kendali Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh mengalami banyak kemajuan, walaupun disadari juga banyak kekurangannya," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Askonas Sulbar, Ilham Zainuddin di Mamuju, Kamis.

Menurut dia, kerja keras Anwar Adnan Saleh selaku gubernur pertama di Sulbar telah nyata hasilnya dan itu bisa disaksikan dan dirasakan manfaat dari hasil-hasil pembangunan dalam masa kepemimpinan periode 2006-2011 dan pada periode kedua memimpin daerah ini.

"Tidak salah jika kami memberikan gelar kepada Anwar Adnan Saleh, selaku motivator pembangunan di Sulbar. Tidak gampang merubah daerah Sulbar yang dulunya kawasan tertinggal, terisolir dan terbelakang, kini telah mulai mengalami banyak kemajuan," ungkap Ilham yang akrab disapa Bung Rory ini.

Ilham menyampaikan, awal pemerintahan Anwar Adnan Saleh tidak gampang karena memulai pembangunan dari kilometer nol tanpa ada dukungan sarana dan prasarana.

Meski demikian kata dia, Anwar tak pernah menyerah untuk membangun daerahnya dengan cara melakukan lobi-lobi politik anggaran di tingkat pusat.

Kerja keras Anwar selama lima tahun pada masa kepemimpinan di periode pertama kata dia, telah sukses menuntaskan pembangunan jalan nasional sepanjang 720 kilometer, percepatan pembangunan bandara Udara Tampapadang, pembangunan pelabuhan laut di Belang-Belang, pembangunan bandara udara di Sumarorong serta pelaksanaan mega proyek jalan arteri yang menghubungkan pusat pemerintahan kota menuju bandara udara dan pelabuhan laut di Mamuju.

Tidak sekedar itu, lanjutnya, sosok Anwar juga mampu menghadirkan proyek energi listrik melalui pembangunan PLTA Tumbuan, pembangunan pabrik minyak goreng dan sejumlah proyek lainnya.

"Buah kerja keras Pak Anwar sangat dirasakan. Kita berharap, sosok Anwar bisa berkiprah di pentas nasional sehingga daerah Sulbar semakin maju. Akan lebih bagus, jika Anwar masuk dalam kabinet presiden terpilih, Jokowi-JK," ujar Ilham.

Meski mengalami banyak kemajuan, namun juga terdapat kekurangan khususnya serapan penggunaan anggaran yang sering menjadi buah masalah setiap memasuki akhir tahun.

"Serapan anggaran tidak maksimal karena daerah ini memang dihadapkan pada persoalan reformasi birokrasi. Ini yang harusnya menjadi perhatian kita semua agar daerah ini bisa maju dan setara daerah-daerah lainnya," ucapnya. FC Kuen

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024