Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia berupa kemudahan perjalanan dinas karyawan dan membantu promosi pariwisata kota tersebut.

Penandatanganan kerja sama dilakukan antara Presiden dan CEO Citilink Indonesia Arif Wibowo dengan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Kamis.

"Kerja sama ini tentunya memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, selain memberikan harga khusus selaku mitra korporat, Citilink juga memberikan fleksibilitas dan kepastian untuk melakukan penerbangan," kata Arif Wibowo.

Kerja sama korporat ini meliputi pemberian diskon lima persen bagi pegawai Pemkot Makassar saat melakukan perjalanan dinas atau liburan bersama keluarga dan relasinya.

Pada saat yang sama kesepakatan tersebut juga membantu program Pemkot Makassar dalam mempromosikan Kota Makassar yang telah lama dikenal dengan kuliner khasnya serta memiliki nilai historis dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Citilink pada awal Oktober telah melakukan pembukaan kembali rute Surabaya-Makassar PP dan menurut rencana akan terbang ke Manado, Palu dan Jayapura dalam rangka akselerasi bisnis ke Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"Pembukaan rute Makassar-Surabaya merupakan hadiah Hari Ulang Tahun ke-407 Makassar. Kami sangat bahagia menjadi bagian dari pengembangan Makassar," katanya.

Arif mengatakan Citilink saat ini memiliki 170 penerbangan dan 29 pesawat yang diharapkan pada akhir tahun sudah berjumlah 32 pesawat.

"Pertumbuhan ekonomi Makassar sangat tinggi, yakni 9,88 persen. Ini memiliki prospektif luar biasa. Dengan peresmian ini terdapat tiga rute yakni Jakarta - Makassar, Balikpapan - Makassar dan Surabaya - Makassar," katanya.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyambut baik kerja sama tersebut dan berharap keberadaan Citilink dapat pula berkontribusi terhadap laju pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pemkot Makassar memiliki 18 ribu pegawai sehingga nanti `setengah wajib` untuk naik Citilink. Dengan menggunakan aplikasi `smart card` nanti akan mempermudah pembelian tiketnya," katanya.

Wali Kota mengatakan saat ini orang Makassar makin "stylist" sehingga sangat tepat kalau jalur Makassar - Surabaya dibuka kembali.

"Makassar juga memiliki aneka macam kuliner yang enak-enak yang perlu diketahui orang luar," katanya.


Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024