Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pejabat Kementrian Lingkungan Hidup Shaifuddin Akbar mengatakan Pemerintah Kubupaten Mamuju sudah saatnya mengejar predikat Kota Adipura dengan mewujudkan kota bersih teduh sehat dan berkelanjutan pada 2020.

"Pemerintah ditingkat pusat sementara ini sedang berupaya untuk mewujudkan kota bersih dan teduh diseluruh wilayah Indonesia pada 2015," kata Kabid Daur Ulang dan Pemanfaatan Sampah Kemen-LH itu pada acara sosialisasi ruang terbuka hijau di Mamuju, Jumat.

Pemerintah ditingkat pusat selanjutnya bertekad mewujudkan mewujudkan kota bersih, teduh, dan juga sehat serta berkelanjutan pada 2020.

Menurut dia, Mamuju sebagai ibukota Provinsi Sulbar diminta mendukung pemerintah pusat mewujudkan kota bersih dan teduh untuk selanjutnya menjadi sehat dan berkelanjutan kemudian berupaya meraih penghargaan Adipura.

Ia mengatakan, ada beberapa komponen mewujudkan kota bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan diantaranya adalah mewujudkan kota bebas sampah, membangun ruang terbuka hijau dan menjaga keanekaragaman hayati.

Selain itu menjamin air dan udara bersih serta lingkungan sehat, mobilitas rendah energi, kemandirian energi air dan pangan serta ikatan sosial yang kuat dimasyarakat.

"Potensi mewujudkan itu ada di Mamuju, sehingga mulai saat ini kota harus ditata dan Mamuju dapat meraih Adipura yang selama ini belum pernah didapatkannya," katanya. M Yusuf

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024