Mamuju (ANTARA Sulsel) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat telah membantu sebanyak 70 kelompok tani yang tersebar di sejumlah kecamatan di Mamuju.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mamuju, Ir Sujiono di Mamuju, Jumat, mengatakan selama lima tahun terakhir sebanyak 70 kelompok tani telah diberikan bantuan pompanisasi untuk pengairan lahan padinya.

Ia mengatakan, pompanisasi yang diberikan itu dianggarkan melalui APBD Mamuju dalam rangka meningkatkan produksi padi di Mamuju.

Menurut dia, pompanisasi di Mamuju diprogramkan bagi tanaman padi petani Mamuju yang menggunakan sistem tadah hujan.

"Pompanisasi di Mamuju dilaksanakan juga agar tanaman padi tidak kering disaat musim kemarau seperti sekarang ini," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah di Mamuju juga membantu petani dengan memberikan bantuan pembangunan sumur serapan setiap lima hektare tanaman padi petani agar tidak kekurangan air.

"Sumur serapan yang mampu menyedot air dari bawah tanah mampu mengairi sawah petani ketika kemarau tiba, itu dibangun di lahan padi yang tidak didukung sarana irigasi," katanya.

Ia mengatakan, dengan bantuan itu diharapkan produksi padi Mamuju sekitar 100 ton per tahun dengan luas lahan 16 ribu hektare tidak akan kesulitan air meski kemarau tiba.  Yuniardi

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024