Makassar (ANTARA Sulsel) - Puncak peringatan ke-34 Hari Pangan Dunia ditandai dengan pembukaan Pekan Flora dan Fauna Nasional Tahun 2014 yang dipusatkan di Kota Makassar.

"Ini merupakan suatu kebanggaan karena kegiatan ini dipusatkan di Makassar, Sulawesi Selatan," kata Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo di sela-sela pembukaan acara Hari Pangan Dunia di Maccini Sombala, Makassar, Kamis.

Pada kegiatan tersebut hadir sedkitnya 20 perwakilan dari kedutaan luar negeri, termasuk Dinas Pertanian dan Hortikultura se-Indonesia.

Sementara pembukaan dan peresmian Hari Pangan Dunia itu diawali dengan persembahan tarian kolosal empat etnik di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Hadir pada acara tersebut Ibu Wakil Presiden, Hj Mufidah Yusuf Kalla, bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang didampingi Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulsel H Lutfi Halide. Termasuk Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Pangan se-Dunia Lutfi Halide mengatakan, kegiatan ini dilakukan secara serentak mulai 6 - 12 November 2014.

"Tujuan kegiatan ini untuk memberikan penyadaran pentingnya ketahanan pangan untuk kesejahteraan masyarakat dunia," katanya.

Kegiatan yang mengutamakan ramah lingkungan dalam menjawab tantangan abad ke-21 akan diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya bursa tanaman, lomba cipta menu, seminar dan temu usaha, kursus-kursus dan sebagainya. Farochah

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024