Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim Sulawesi Selatan mendapatkan tambahan empat medali perunggu pada Kejuaraan Nasional antar-Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) di Jakarta, 5-10 November 2014.

Pelatih silat PPLM Sulsel, Imam Suyuti, saat dihubungi dari Makassar, Sabtu, mengatakan, empat perunggu Sulsel berasal dari cabang pencak silat (tiga perunggu) dan cabang atletik. Tambahan empat perunggu ini membuat Sulsel sementara mengoleksi satu emas dan enam perunggu.

"Untuk perolehan tiga medali perunggu dari pencak silat masing-masing dipersembahkan Sumerli (kelas B putri), Purnama Sari (kelas C putri) serta Sururuddin yang turun d kelas C putra. Sedangkan tambahan satu perunggu dari atlet dipersembahkan Fajrin pada kategori tolak peluru," jelasnya.

Sulsel sebelumnya telah mengamankan satu emas dan dua perunggu dari atletik. Untuk medali emas dipersembahkan Suryanto melalui nomor jalan cepat 10.000 meter. Sedangkan dua medali perunggu melalui atlet Sri Nur Idayanti (lompat jauh) serta Lukman yang turun di nomor lari 400 meter putra.

"Selain silat dan atletik, Sulsel juga masih berpeluag menambah medali dari sepak takraw. Kami berharap pada pelaksanaan kali ini bisa meraih hasil yang lebih maksimal," katanya.

Pelatih Atletik Sulsel, Abdul Kadir menyatakan, peluang timnya mempertahankan pencapaian 2013 memang cukup sulit meski tetap terbuka.

Pada pelaksanaan Kejurnas PPLM 2013 di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Sulsel berhasil merebut dua medali emas melalui Hasruni. Dua emas dari mantan atlet PPLP itu dipersembahkan pada nomor 100 meter putri dan nomor 200 meter putri.

Selain emas dari Hasruni, tim atletik Sulsel juga berhasil mendapat medali perak melalui Fajrin dan perunggu dari Ardiansyah dinomor 100 meter putra.

Menghadapi Kejurnas PPLM dan UKM 2013, tim atletik Sulsel menurunkan empat atlet. Dari empat atlet tersebut, hanya Syarifuddin yang gagal merebut medali. Syarifuddin sebelumnya diharapkan bisa berprestasi pada nomor 400 dan 800 meter putra.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel, Nukhrawi Nawir bersyukur dengan pencapain atlet sejauh ini. Apalagi dengan keberhasilan tujuh pesilat Sulsel menembus babak final kejurnas PPLM, Minggu.

"Perolehan satu emas dan enam perunggu dipastikan akan berubah dengan lolosnya tujuh pesilat kita kebabak puncak. Mudah-mudahan seluruhnya bisa menjaga penampilan dan meraih medali emas," ujarnya.  FC Kuen

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024