Makassar (ANTARA Sulsel) - Dispora dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan sepakat bekerja sama lebih memperketat proses rekrutmen atlet dan pelatih yang akan bergabung dalam Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP).

Ketua Dispora Sulsel Syamsuddin Umar di Makassar, Kamis, mengatakan kesepakatan ini bukan hanya untuk atlet PPLP namun sejumlah pembinaan yang berada dalam naungan Dispora Sulsel seperti Pusat Pembinaan Atlet Daerah (PPAD), dan Sekolah Khusus Olahraga/Sekolah Menengah Atas Negeri Keberbakatan Olahraga (SKO/SMANKO).

"Dispora dan KONI Sulsel akan membentuk tim yang bertugas menyeleksi atlet yang nantinya akan bergabung di sejumlah pembinaan olahraga Sulsel. Ini merupakan upaya dalam menciptakan atlet potensial guna memperkuat Sulsel kedepan," katanya.

Ketua Umum KONI Sulsel Andi Darussalam Tabusala, juga berharap dengan kerjasama dan komunikas yang lebih intens antara pihaknya dan Dispora Sulsel akan membuat peningkatan prestasi atlet Sulsel bisa semakin berkembang kedepan.

"Tim yang akan kita bentuk ini juga akan membuat program-program yang lebih terstruktur demi peningkatan kualitas atlet. Kita juga meminta agar Dispora Sulsel melibatkan pengurus cabang olahraga di Sulsel khususnya dalam penentuan pelatih," jelasnya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, mendorong komitmen pihak Dispora Sulsel dalam pembinaan atlet secara maksimal. Sebab jika tidak didukung komitmen tinggi terhadap peningkatan kualitas atlet maka program yang bagus juga tidak akan berjalan maksimal.

Mengenai kualitas pelatih PPLP Sulsel, dirinya mengaku tetap optimistis bisa diandalkan. Namun kualitas saja tidak akan maksimal tanpa komitmen dan keseriusan dalam meraih prestasi. Kondisi itu bahkan sudah terbukti dengan minimnya pretasi Sulsel disejumlah kejuaraan pelajar.

KONI Sulsel sejak awal selalu berharap akan banyak atlet yang bisa dilahirkan dari sejumlah program dibawah kendali Dispora Sulsel.

Sekretaris Umum IPSI Sulsel itu juga telah meminta Dispora Sulsel agar secara rutin melakukan evaluasi terhadap kinerja pelatih cabang olahraga Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP).

Menurut dia, melalui evaluasi yang lebih rutin diharapkan semakin meningkatkan potensi dan prestasi para atlet Sulsel di tingkat nasional.

"Seharusnya setiap selesai mengikuti kejuaraan baik itu Kejurnas PPLP, Popwil ataupun Popnas disertai dengan evaluasi. Saya kira jika dilakukan maka pelatih juga akan lebih tertantang dan termotivasi lebih fokus meningkatkan prestasi," ujarnya. Agus Setiawan 

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024