Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar bersama Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulawesi Selatan menggelar kejuaraan renang lintas laut menuju Pulau Lae-lae, Makassar, Sulsel, 23 November 2014.

Ketua Harian PRSI Sulsel, Abdul Muin di Makassar, Kamis, mengatakan kejuaraan yang cukup spesial ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari ulang tahun Kota Makassar yang ke-407. Pemkot Makassar menggandeng pihaknya selaku induk organisasi renang provinsi untuk terlibat dalam teknis perlombaan.

"Kejuaraan ini memang lebih unik karena dilaksanakan dilaut bebas. Kami sekaligus berharap kejuaraan ini bisa diikuti banyak peserta sehingga menambah kemeriahaan," katanya.

Mengenai jarak antara Kota Makassar dan Pulau Lae-lae yakni sekitar 1,5 km. Jarak tempuh yang cukup jauh ini tentu memerlukan stamina yang maksimal dari para peserta.

"Untuk pelaksanaan tahun ini baru sebatas wilayah se-Sulsel. Untuk pesertanya berasal dari berbagai instansi dan perkumpulan termasuk dari kalangan TNI," jelasnya.

Selain pelaksanaan kejuaraan renang ke Pulau Lae-Lae, PRSI Sulsel juga kini tengah fokus mempersiapkan diri menghadapi dua agenda pada Desember 2014.

Dua agenda terdekat itu yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I di Surabaya, Jawa Timur, 9-15 Desember dan Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia (Krapsi) di Yogyakarta, 27-30 Desember 2014.

Untuk PON Remaja 2014, kata dia, pihaknya berharap banyak dari Muhammad Alamsyah. Perenang muda ini dianggap mampu mencapai target itu mengingat pengalaman tandingnya pada sejumlah kejuaraan berskala nasional. Alamsyah juga diandalkannya melaju ke PON 2016 di Jawa Barat.

Sementara pada ajang Krapasi, PRSI Sulsel memberikan kewenangan kepada setiap klub untuk mengutus atlet. Apalagi kejuaraan itu tidak menerapkan sistem kuota, melainkan terbuka untuk semua atlet yang tergabung dalam perkumpulan renang. Krapsi juga memperlombakan berbagai nomor dari semua kelompok umur.

Menurut dia, kejuaraan tahunan ini bukan sebatas ajang memburu medali, melainkan salah satu pintu masuk menuju PON 2016 di Jawa Barat. Bahkan ajang itu kabarnya dijadikan sebagai ajang kualifikasi PON 2016.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024