Makassar (ANTARA Sulsel) - Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Sulawesi Selatan siap menurunkan 29 atlet terbaiknya pada kejuaraan nasional Piala Mendikbud di Gorontalo, 27-29 November 2014.

Pengurus Perguruan Inkanas Sulsel Mursalim Badoo di Makassar, Senin, mengatakan seluruh atlet yang berasal dari sejumlah daerah di Sulsel itu telah menjalani pemusatan latihan (TC) di Makassar dan akan diberangkatkan, Selasa (25/11).

"Kita sudah mempersiapkan diri cukup matang di Makassar. Mudah-mudahan persiapan yang kita lakukan semakin membuka peluang merebut prestasi maksimal pada Piala Mendikbud 2014," katanya.

Pada Kejurnas Piala Mendikbud 2014, kata dia, tim Sulsel akan diwakili sejumlah perguruan. Hal itu dilakukan karena Pengprov Forki Sulsel tidak menyiapkan biaya untuk mengikuti kejuaraan tahunan tersebut.

Kondisi itu, kata dia, berbeda dengan pelaksanaan Piala Mendikbud 2013 di Ternate yang tetap diakomodasi Pengprov Federasi Karate-do Indonesia (Forki) Sulsel.

"Untuk kali ini masing-masing perguruan yang mengurus sendiri keberangkatan atlet. Ini tentu membebani namun tetap kita lakukan karena tidak ada anggaran dari Pengprov Forki Sulsel," jelasnya.

Inkanas Sulsel juga tengah mempersiapkan diri menghadapi kejurnas Inkanas, Januari 2015.

Menghadapi kejurnas 2015, tim Sulsel berencana turun pada seluruh nomor pertandingan demi menjaga peluang merebut prestasi maksimal pada ajang tahunan tersebut.

Pada pelaksanaan Kejurnas Inkanas 2013 di Bengkulu, 25 Juni-2 Juli, kontingen Sulsel yang berkekuatan 28 atlet berhasil merebut empat medali emas sekaligus menempati posisi tiga dibawah Jabar dan tuan rumah Bengkulu.

Perolehan emas Sulsel masing-masing dipersembahkan Rafli Syaputra (Kata perorangan prapemula putra), Muh Gibran (Kumite usia dini putra), Krisda Putri (Kata cadet putri), serta Ririn Krisna di kelas kata senior perorangan.

"Kita tentu berharap bisa tampil full tim dan mengikuti sekitar 38 nomor yang pertandingan. Sejumlah atlet yang dinilai punya potensi juga terus fokus mematangkan kemampuan agar bisa bersaing di kejurnas," ujarnya. Rolex Malaha

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024