Makassar (ANTARA Sulsel) - Kejuaraan nasional judo senior di GOR Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, 29-30 November 2014 akan dimanfaatkan sebagai ajang seleksi bagi tim pelatnas SEA Games 2015.

"Kejurnas senior akan menjadi ajang pembuktikan bagi seluruh atlet pelatnas apakah memang layak atau tidak memperkuat timnas di SEA Games 2015," kata Panitia Pelaksana Kejurnas, Azis Parassa di Makassar.

Ketua Bidang Organisasi PJSI Sulsel itu menjelaskan, status Kejurnas sebagai ujian tim Pelatnas tentu akan membuat kualitas kejuaraan semakin ketat.

"Maklum, atlet berstatus Pelatnas akan lebih serius dalam pertadingan sedangkan non Pelatnas semakin termotivasi untuk membuktikan kualitas terbaiknya," katanya.

Pada kejurnas senior 2014, direncanakan dihadiri sekira 12 pejudo pelatnas SEA Games Singapura. Para atlet pelatnas tersebut tidak tampil mewakili daerah masing-masing melainkan atas nama tim pelatnas SEA Game.

Puluhan atlet pelatnas direncanakan turun disejumlah nomor pertandingan kelas putra dan putri antara lain 55 kg, 60kg, 66kg, 73kg, 81kg dan kelas 90kg putra. Sementara atlet putri pada kelas 45kg, 48kg, 52kg, 57kg, 63kg, dan kelas 78kg keatas.

"Keterlibatan tim pelatnas tentu membuat kejuaraan semakin ketat. Ini juga sesuai harapan kami agar kejuaraan ini bisa menarik untuk disaksikan," jelasnya.

Mengenai peluang atlet Sulsel menjaga bahkan menembus tim SEA Games 2015, Mantan Sekretaris Umum PJSI Sulsel itu berharap bisa terwujud. Dirinya juga berharap seluruh atlet Sulsel bisa memngeluarkan kemampuan terbaiknya.

Sulsel, lanjut dia, memang sudah beberapa tahun terakhir tidak pernah lagi menyumbangkan atletnya untuk memperkuat timnas pada ajang internasional.

"Beberapa waktu lalu memang masih sempat menyumbangkan atlet kita memperkuat timnas diantaranya Fanny Pie dan Satriani. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan Kejurnas di Makassar memberikan dampak positif bagi atlet," ujarnya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi nawir, berharap dengan pelaksanaan kejurnas di Makassar akan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan dan prestasi cabang olahraga judo di Sulsel kedepan.

Mengenai pencapain judo Sulsel khususnya di PON 2012 yang mengalami penurunan, dirinya berharap dengan pelaksanaan kejurnas ini menjadi momentum kebangkitan Sulsel pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat 2016. Agus Setiawan

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024