Makassar (ANTARA Sulsel) - Timnas karate Indonesia akan diperkuat 18 atlet menghadapi Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Asean XVII di Palembang, Sumatera Selatan, 10-21 Desember 2014.

Pelatih Karate Indonesia Mursalim Badoo di Makassar, Jumat, mengatakan seluruh atlet akan dikumpulkan dan mulai menjalankan pemusatan latihan di Jakarta, pada 1 Desember 2014. Karateka yang dipanggil berasal dari sejumlah daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sumatera Barat serta Sulsel.

"18 atlet yang terpilih akan kita kumpulkan di Jakarta awal Desember 2014. Kami juga berupaya memanfaatkan waktu tersisa untuk lebih mematangkan dan memaksimalkan kemampuan seluruh atlet," katanya.

Seluruh atlet yang akan memperkuat timnas, kata dia, merupakan para juara di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) Yogyakarta 2013.

Mengenai waktu persiapan yang hanya berlangsung kurang lebih 10 hari, dirinya mengaku bukan masalah. Pihaknya juga tetap optimistis mampu meraih hasil maksimal di ajang dua tahunan tersebut.

"Soal target, kami hanya berupaya untuk meraih hasil yang terbaik. Kita juga berharap dengan status tuan rumah akan membuat atlet semakin termotivasi dalam setiap pertandingan," jelasnya.

Sekretaris Umum Forki Sulsel Prof Musakkir, sebelumnya mengaku tiga atletnya terpilih memperkuat Indonesia di POM Asean 2014 yakni Andi Dasril, Aspar Sesari, serta Andi Tommy Aditya yang akan tampil pada nomor kata perorangan dan kata beregu putra.

Mengenai peluang ketiganya di ajang dua tahunan tersebut, kata dia, cukup terbuka lebar. Apalagi dua dari tiga atlet merupakan peraih medali perak dan perunggu pada pelaksanaan 2012.

Untuk perolehan medali perak POM ASEAN 2012 disumbangkan Andi Tommy Aditya (Unhas) pada nomor kata perorangan. Sementara Aspar Sesaria berhasil merebut medali perunggu saat tampil pada nomor kata beregu putra berpasangan dengan Ramah Putra yang juga atlet Sulsel.

"Kita berharap ketiganya mampu merebut medali pada POM ASEAN 2014. Kualitas atle setiap negara memang cukup merata sehingga patut diwaspadai," ujarnya.

Menghadapi POM se-Asia Tenggara, tim Indonesia menargetkan bisa merebut juara umum. Apalagi kontingen Indonesia sejauh ini baru mampu mencapai prestasi tertinggi sebagai runner-up di POM Asean Chianhg Mai, Thailand, 2010.

PP Bapomi juga berharap bisa mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingan. Untuk POM Asean 2014 sendiri direncanakan mempertandingkan sebanyak 18 seperti bulutangkis, tenis, taekwondo, karate, catur, renang, atletik dan panahan.

Dari pengalaman sebelumnya, Indonesia diprediksi akan kembali menghadapi lawan berat dari Malaysia, Thailand dan Laos.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024