Makassar (ANTARA Sulsel) - Tim dayung Singapura tidak membebankan target khusus bagi atletnya karena hanya menjadikan kejuaraan rowing Asia di Danau Tanjung Bunga Makassar, Sulsel, sebagai ajang uji coba sebelum berlaga di SEA Games 2015.

"Kami mengikuti kejuaraan Asia 2014 sebagai bagian ujicoba atlet yang akan tampil di SEA Games 2015. Kami tentu tetap berharap bisa meraih prestasi pada kejuaraan ini," kata Pelatih Dayung Singapura Warnie, di Makassar, Sulsel, Jumat.

Seluruh atlet Singapura yang diturunkan pada kejuaran Asia 2014 ini merupakan tim yang diproyeksikan tampil di SEA Games. Tim Singapura juga berjanji akan mengevaluasi hasil yang dicapai pada pelaksanaan kejuaraan Asia yang kedua tersebut.

"Kami tentu sangat senang bisa berpartisipasi pada kejuaraan ini. Kita paling tidak bisa sedikit mengetahui kualitas lawan," katanya.

Sekretaris Jenderal PB PODSI Edy Suyono, mengatakan Singapura akhirnya memutuskan ikut ambil bagian dalam kejuaraan tersebut menjelang penutupan pendaftaran.

Keputusan tim Singapura mengikuti kejuaraan Asia yang kedua ini menambah jumlah peserta menjadi sembilan negara. Delapan negara yang lebih awal dipastikan hadir yakni Hongkong, China Taipe, Korea Selatan, Iran, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah.

Menurut dia, kehadiran tim Singapura tentu akan membuat persaingan semaki ketat. Keterlibatan tim Singapura juga diapresiasi. Apalagi ini sesuai dengan harapan pihak penyelenggara agar kejuaraan Asia 2014 ini bisa diikuti banyak negara.

"Saya kira semakin banyak peserta justru akan membuat persaingan juga semakin ketat. Apalagi timnas yang kita turunkan memang butuh lawan tangguh sebelum tampil di SEA Games 2015,"jelasnya.

Sementara itu, timnas Dayung Indonesia sukses merebut empat tiket final setelah tampil cukup menjanjikan di babak kualifikasi, Jumat.

Empat tiket yang diraih timnya masing-masing dari nomor lightweight mens double scull (LW4X) yakni Thomas, Dendi, Rendi, dan Ali Darta. Selanjutnya nomor lightweight women single scull (LW1X) atas nama Dewi.

"Sementara dua lainnya direbut Agus Diaji dan Agus dari double scull kelas ringan dan Edwin yang turun di nomor open single scull. Mereka akan tampil di final Minggu," ujarnya. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024