Makassar (ANTARA Sulsel) - Warga Kota Makassar dan sekitarnya mengalami pemadaman listrik sejak dua hari terakhir karena terjadi gangguan pada sistem transmisi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar).  

"Gangguan ini diindikasikan terjadi pada seksi transmisi 150 kV Parepare - Pinrang dan diikuti gangguan transmisi 150 kV seksi Sidrap - Parepare," kata Humas PT PLN Sulselbatra Chairil di Makassar, Rabu.

Menurut dia, gangguan terebut menyebabkan terjadinya kondisi "island operation" PLTA Bakaru di utara dengan sistem di selatan.

Terpisahnya kedua sistem terebut menyebabkan pembangkit di sisi selatan menjadi tidak stabil dan menyebabkan padam di beberapa Gardu Induk (GI).

Dia mengatakan, pemulihan sistem dilakukan secara bertahap dengan mengoperasikan pembangkit di Sektor Tello, Kota Makassar.

Pada pukul 01.40 WITA sistem sudah mulai dinormalkan bertahap sesuai kemampuan pembangkit dan pada pukul 06.19 WITA semua penyulang sudah normal.

Berkaitan dengan hal tersebut, Humas PLN Wilayah Sulselbatra Chairil menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jasa PLN atas gangguan pelayanan penerangan di sejumlah daerah di Sulsel.

Akibat gangguan listrik yang terjadi dalam dua malam terakhir, pedagang kaki lima, khususnya rumah makan sari laut terpaksa menggunakan penerangan lilin dan lampu baterei. Kondisi itu, turut mempengaruhi jumlah pengunjung.

"Karena penerangannya kurang, pengunjung malas singgah makan di warung kami. Semoga listrik tidak padam lagi sebentar malam," kata salah seorang pedagang kaki lima Rusman di Makassar.  Rolex Malaha

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024