Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dinilai lambat mengkaji peningkatan status Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menjadi kotamadya Mamuju.

"Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat mendesak Pemerintah di Sulbar mempercepat peningkatan status Kabupaten Mamuju menjadi Kotamadya Mamuju," kata Ketua DPC PKB Mamuju, Muhammad Bakri Bestari di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, partai PKB Mamuju sebelumnya telah mendesak Pemkab Mamuju segera mempersiapkan segala bentuk kebutuhan menjadikan Kabupaten Mamuju ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya.

"Pemerintah di Mamuju telah melakukan kajian pembentukan Mamuju menjadi Kotamadya jadi Pemerintah di Sulbar harus pula pro aktif meningkatkan status Mamuju menjadi Kotamadya," katanya.

Menurut dia, pemprov Sulbar dianggap lambat melakukan kajian peningkatan status Mamuju menjadi Kotamadya dan belum melakukan berbagai upaya meningkatkan status Mamuju menjadi Kotamadya padahal semestinya sudah dilakukan.

Oleh karena itu ia berharap agar Pemprov Sulbar tetap pro aktif merumuskan langkah langkah untuk mewujudkan Mamuju menjadi Kotamadya agar dapat terwujud paling tidak pada 2015.

Mamuju sebagai ibu kota Provinsi Sulbar dinilai sudah tidak laik berstatus kabupaten sehingga harus ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya seperti Provinsi lainnya di Indonesia.

"Bukan untuk kepentingan administrasi saja, tetapi untuk kemajuan ekonomi daerah, apalagi Mamuju posisinya sangat strategis karena diapit oleh provinsi lain di Indonsia, seperti Provinsi Sulsel, Sulteng, dan sejumlah provinsi lainnya di Kalimantan seperti Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan," katanya.

Menurut dia, dengan posisi strategis itu maka Mamuju akan dapat menjadi pusat perniagaan, mendorong ekonomi daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Nurul H

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024