Makassar (ANTARA Sulsel) - Atlet dayung Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sulawesi Selatan, Sulfianto, segera mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) proyeksi Asian Games 2018, kata Asisten Pelatih Dayung PPLP Sulsel Jefraim Dolodea.

Jefraim Dolode di Makassar, Kamis, mengakui pemanggilan Sulfianto untuk bergabung di pelatnas itu sebenarnya sudah ada sejak 18 Oktober 2014. Namun pihaknya tidak mengizinkan karena masih membutuhkan tenaganya di Kejurnas PPLP di Danau Tanjung Bunga Makassar, Sulsel, 10-13 Desember 2014.

"Sulfianto pada Oktober lalu memang sudah mendapat panggilan dari tim pelatnas. Hanya saja belum bisa bergabung karena kita lebih memfokuskan di Kejurnas PPLP 2014. Keputusan itu ternyata tidak sia-sia setelah berhasil merebut dua emas," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PB PODSI Edy Suyono mengatakan bahwa tlet asal Sulsel itu akan dipanggil bersama delapan atlet muda lainnya mengikuti pelatnas jangka panjang.

Menurut dia, sembilan atlet itu terdiri dari empat pedayung kayak (kanoing) dan lima pedayung rowing. Seluruh atlet direncanakan dipanggil pada 1 Januari 2014.

"Para atlet itu berasal dari sejumlah daerah seperti Sulawesi Tengah, Sulsel, Jawa Barat, Maluku, dan Papua. Kami akan segera menyiapkan surat rekomendasinya sehingga para atlet bisa bergabung sesuai jadwal," katanya.

Menurut dia, meski fokus utama pemanggilan sembilan atlet untuk proyek jangka panjang Asian Games 2018, namun tidak menutup kemungkinan jika sembilan atlet tersebut dapat tampil memperkuat Indonesia pada SEA Games 2015.

Hal itu, kata dia, bisa terjadi jika sampai Mei 2015 ternyata mampu menunjukkan penampilan konsisten dan dapat mengalahkan seniornya di pelatnas.

"Jika bisa memperlihatkan penampilan terbaik temasuk mengalahkan para tim pelatnas yang lebih dulu bergabung maka tentu dapat diakomodir. Namun untuk sekarang memang hanya sebagai tim pelapis kedua dan lebih kita fokuskan untuk Asian Games," katanya.

Mengenai pemanggilan sembilan atlet, sambung dia, tentu saja berdasarkan penampilan atlet saat memperkuat daerahnya pada kejuaraan nasional senior dan PPLP di Danau Tanjung Bunga Makassar, Sulsel, 1-13 Desember 2014.

"Kami telah berkomitmen hanya mengakomodir atlet yang memang punya potensi memberikan prestasi bagi timnas Indonesia. Untuk atlet yang kita panggil memang relatif muda sehingga masih berpotensi berkembang," ujarnya. Farochah   

Pewarta : Abd kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024