Makassar,  (Antara Sulsel) - Kodam VII/Wirabuana bersama Kementerian Pertanian RI menyelenggarakan kegiatan Pencanangan Tanam Padi di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan untuk membantu pemerintah mensukseskan Swasembada Pangan Nasional tiga tahun ke depan melalui Kesepakatan Kerjasama (KKS) TNI AD dan Kementerian Pertanian RI, di PTP Pabrik Gula Camming, Bone, Jumat.

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut arahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada pelaksanaan apel Danrem-Dandim 5 Desember yang lalu di Pangkalanbun Kalimantan Tengah,

Pencanangan tanam padi yang diawali dengan Pelatihan Kader Ketahanan Pangan yang dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Selatan dengan melibatkan seluruh para Kasdam se-Indonesia termasuk perwakilan dari Kodiklat, Brigif Kostrad dan Satuan Kowil Seluruh Indonesia sesuai dengan visi pemerintah yakni "Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong"..

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutannya mengatakan target swasembada pangan tingkat nasional tersebut akan tercapai apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh, kerja keras dan sinergi antara kebijakan pemerintah di bidang pertanian dengan kebutuhan masyarakat petani.

"Harapan itu rasanya kini sudah diambang pintu, karena kebijakan Pemerintah untuk swasembada pangan telah menjadi skala prioritas," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kasad mengatakan pencanangan tanam padi di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan merupakan wujud kepedulian pemerintah sekaligus penghargaan atas keberhasilan Provinsi Sulawesi Selatan dalam mewujudkan swasembada pangan pada 2014.

Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024