Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulawesi Selatan bersama Pemkot Makassar agendakan menggelar kejuaraan renang lintas laut se-ASEAN dalam rangka HUT Kota Makassar, November 2015.

Ketua Harian PRSI Sulsel, Abdul Muin di Makassar, Kamis, mengatakan kejuaraan ini akan start dari Pulau Samalona menuju Pantai Losari. Kejuaraan ini tentu lebih ketat karena akan diikuti para perenang dari negara Asia Tenggara.

"Kami akan mengundang sejumlah negara dari ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, hingga Myanmar. Kejuaraan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Kota Makassar yang ke-408," jelasnya.

Mengenai pemilihan rute dari Pulau Samalona, selain bertujuan memperkenalkan keindahan pulau tersebut ke dunia internasional, juga karena jaraknya yang cukup jauh yakni sekitar 2 hingga 3 km.

Kejuaraan renang lintas laut, kata dia, pada dasarnya bukan yang pertama. Pihaknya bersama Pemkot Makassar juga telah menggelar ajang serupa pada 2014.

Untuk pelaksanaan 2014, pihak penyelenggara mengambil rute dari Pulau Lae-lae ke Makassar, Sulsel, dan finis di Pantai Losari. Untuk pesertanya berasal dari berbagai instansi dan perkumpulan termasuk dari kalangan TNI.

"Kejuaraan renang menyambut HUT Makassar sudah kita laksanakan 2014 meskipun saat itu baru sebagai ajang lokal. Untuk tahun ini tentu jauh lebih besar karena kita akan mengundang atlet dari sejumlah negara ASEAN," katanya.

Sebelum melaksanaan kejuaraan renang ASEAN 2015, Pengprov PRSI Sulsel lebih dulu menggelar Kejuaraan Piala Semen Tonasa se-Kawasan Timur Indonesia di Kolam Renang Tonasa, Kabupaten Pangkep, Maret 2015.

Untuk kejuaraan ini, pihaknya akan mengundang Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara serta seluruh wilayah di Sulawesi.

Untuk kejuaraan tersebut, pihak penyelenggara akan mempertandingkan sejumlah kategori diantaranya gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya bebas putra dan putri.

Pihaknya juga berharap seluruh pengprov terus fokus mempersiapkan atletnya secara matang agar pelaksanaan kejuaraan lebih ketat. Penyelenggara juga berharap tercipta banyak rekor pada kejuaraan tersebut.

"Kejuaraan ini tentu saja bisa menjadi ajang pemanasan bagi setiap peserta sebelum menghadapi kejuaraan nasional kelompok umur di Jakarta Mei 2015." jelas staf ahli PB PRSI tersebut. 

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024