Makassar (ANTARA Sulsel) - Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Sulawesi Selatan terus mematangkan kemampuan 13 atlet yang akan diturunkan menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2015.

Pelatih anggar Sulawesi Selatan Irawati Sir Idar di Makassar, Sulsel, Selasa, mengatakan 13 atlet yang diharapkan mampu memberikan prestasi itu merupakan gabungan atlet senior dan usia muda.

Untuk atlet senior terdapat beberapa nama seperti Muhammad Haerullah dan Isnawati Sir Idar.

"13 atlet ini juga telah bergabung dalam program "Sulsel Maju II". Untuk Haerullah dan Isnawati tetap fokus di pelatnas SEA Games 2015, untuk atlet lainnya tetap kita matangkan kemampuannnya di Makassar," jelasnya.

Seluruh atlet, kata dia, telah memiliki pengalaman dan prestasi disejumlah kejuaraan baik lokal ataupun nasional. Pihaknya juga berharap bisa meloloskan seluruh atlet sehingga semakin menjaga peluang meraih prestasi di PON Jabar 2016.

Menurut dia, Ikasi Sulsel pada dasarnya memiliki banyak atlet yang berpotensi. Namun apakah atlet yang diluar program"Sulsel Maju II" juga bisa memperkuat Sulsel pada pra-PON 2015, pihaknya belum bisa memastikan.

Namun berdasarkan pengalaman pra-PON 2011. Ikasi Sulsel kemungkinan hanya menyertakan atlet program "Sulsel Maju II" karena saat itu juga cukup diperkuat 13 atlet.

Terkait kualitas lawan yang akan dihadapi, pihaknya memilih memberikan kewaspdaan terhadap daerah manapun. Pihaknya juga mengakui persaingan akan lebih berat meski peluang untuk lolos masih cukup terbuka lebar.

"Kami tentu berharap agar KONI Sulsel bisa mengakomodir lebih banyak atlet. Saya kira peluang kita akan semakin besar jika bisa melibatkan lebih banyak atlet. Apalagi kualitasnya juga cukup menjanjikan," katanya.

Sementara terkait keberadaan Haerullah dan Isnawati di pelatnas tentu semakin membuka peluang keduanya meraih prestasi bagi Sulsel. Pelatihan yang didapat di pelatnas tentu akan lebih maksimal dan tentu akan memberikan efek positif di PON 2016.

Pihaknya juga mengapresiasi keputusan PB Ikasi yang tidak memberikan batasan umur bagi atlet di PO 2016 sehingga tetap bisa menurunkan dua peanggar seniornya di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

"Haerullah dan Isnawati tentu akan menjadi andalan kita. Kami juga optimistis dengan kemampuan atlet yang lain dan itu sudah dibuktikan disejumlah ajang," ujarnya. J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024