Mamuju (ANTARA Sulbar) - Harga ikan yang dijual di pasar Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, mengalami penurunan hingga 100 persen setelah cuaca di perairan Mamuju mulai membaik.

Pemantauan di Mamuju, Sabtu, harga ikan jenis layang yang sebelumnya dijual pedagang di Pasar Sentral Mamuju dengan harga Rp5.000 per ekor turun menjadi sekitar Rp2.500 per ekor.

Begitu juga ikan cakalang yang sebelumnya harganya Rp15.000 per ekor turun menjadi Rp10.000 per ekor, kemudian harga ikan banjar yang sebelumnya sekitar Rp3.000 turun menjadi Rp1.000 per ekor.

Sejumlah pedagang di Pasar Sentral mengatakan, harga ikan turun karena hasil tangkapan nelayan di laut cukup melimpah karena cuaca sudah membaik.

"Tidak seperti sebelumnya ikan di Mamuju mahal sejak pekan lalu, karena nelayan banyak yang tidak melaut akibat cuaca tidak bersahabat," katanya.

Namun, kata dia, hasil tangkapan nelayan kembali normal karena nelayan sudah kembali melaut

"Nelayan mampu menangkap ikan sebanyak 1.000 ekor untuk setiap perahu mereka, karena cuaca sudah membaik ditambah waktu mereka tidak lagi tersita nonton piala dunia," katanya.

Ibu rumah tangga di Mamuju senang dengan turunnya harga ikan karena tidak lagi membebani ekonominya.

"Semoga harga ikan di Mamuju tetap normal agar tidak membebani ekonomi kami," kata Anti seorang ibu rumah tangga. Agus Setiawan

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024