Mamuju (ANTARA Sulbar) - Partai Demokrat melakukan evaluasi perolehan suaranya di tiga kabupaten, Provinsi Sulawesi Barat, di antaranya Kabupaten Polewali Mandar, Majene, dan Kabupaten Mamasa.

"Perolehan suara Partai Demokrat di tiga daerah itu tidak sesuai dengan target," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulbar Dr. Suhardi Duka, M.M. yang juga Bupati Mamuju, Sabtu.

Acara Rakerda Demokrat Sulbar dihadiri Direktur Eksekutif Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Fajar Purnama dan ratusan kader serta simpatisan Demokrat di Provinsi Sulbar.

Suhardi Duka mengatakan bahwa perolehan suara/kursi di tiga kabupaten yang tidak mencapai target, bahkan menurun, perlu ada evaluasi serius dalam menghadapi Pemilu 2019.

Pada Pemilu 2014 di Kabupaten Majene Demokrat kehilangan kursi Ketua DPRD Kabupaten Majene setelah direbut PAN, kemudian di Polman Demokrat kehilangan kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Polman. Begitu pula, di Kabupaten Mamasa suara Demokrat pada Pemilu 2014 merosot.

"Ini semua yang perlu dikaji karena di kabupaten lainnya Demokrat menjadi pemenang pemilu dan meraih target luar biasa," katanya.

Menurut dia, partai Demokrat di Kabupaten Mamuju Utara meningkat 100 persen, di Kabupaten Mamuju meningkat 150 persen, dan di Kabupaten Mamuju Tengah meningkat 500 persen.

"Sementara itu, kursi DPRD Provinsi Sulbar berhasil direbut Demokrat, ini sebuah keberhasilan partai di tengah suara Demokrat di tingkat nasional juga menurun," katanya.

Ia berharap kader partainya di seluruh tingkatan, baik di tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, maupun desa, dapat mengevaluasi diri untuk menghadapi pemilu mendatang. D.Dj. Kliwantoro

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024