Makassar (ANTARA Sulsel) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa yang sebelumnya menjadwalkan akan menggelar konsolidasi, sekaligus deklarasi pemenangan pada Senin (26/1) batal digelar.

"Konsolidasi batal karena acara beliau sangat padat," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Taufiq Amrullah yang dihubungi dari Makassar, Senin.

Dia mengatakan, konsolidasi dan deklarasi itu memang sudah dijadwalkan oleh tim pemenangan Hatta Rajasa jauh-jauh hari, namun hingga hari pelaksanaan urung dilaksanakan karena padatnya rangkaian kegiatannya.

Meskipun begitu, Taufiq mengaku jika banyak DPW dan DPD mendatanginya serta memberikannya dukungan untuk kembali memimpin partai berlambang matahari terbit tersebut.

"Rencananya, konsolidasi dilaksanakan di Grand Hotel Clarion. Konsolidasi itu bertujuan mematangkan dukungan menjelang deklrasi dan persiapan Kongres PAN pada 28 Februari-2 Maret mendatang di Bali," katanya.

Taufiq melanjutkan, Hatta akan kembali dijadwalkan ke Makassar pada 7 Februari mendatang dalam melakukan deklarasi akbar yang direncanakan mengambil tempat di Grand Hotel Clarion-Makassar.

Dalam deklarasi itu kata Taufiq akan dihadiri langsung Hatta Rajasa, Ketua Tim Pemenangan Hatta Rajasa, Joncik Muhammad, Ketua Fraksi PAN DPR-RI Tjatur Sapto Edi, Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga Ketua DPW PAN Nur Alam.

Kemudian Ketua DPP PAN Didi Suprianto, Anggota DPR RI dari Sulawesi Selatan Thita Chunda Syahrul Yasin Limpo, Anggota DPR RI dari Sulawesi Utara Yasti Soepredjo, dan Taufiq Amrullah sendiri.

Menurut Taufiq, dari 235 DPW dan DPD PAN di Indonesia Timur dukungan ke Hatta sebanyak 189 DPW dan DPD. Taufiq berharap dukungan tersebut tetap solid hingga kongres berlangsung.

"Ini kan masih dinamis. Tapi kami berharap mereka solid mendukung Pak Hatta," kata Taufiq.

Diketahui Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang telah menyatakan memberikan dukungan kepada Hatta, di antaranya Kalimantan, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Irian.

Dilansir sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulsel, Ashabul Kahfi bakal tetap menyambut kedatangan Hatta Rajasa meski sudah menyatakan mendukung Zulkifli Hasan di Kongres.

"Kalau saya di Makassar, saya upayakan sambut Pak Hatta. Kita memang menyambut siapa saja yang mau datang ke Makassar," terang Ashabul Kahfi.

Menjelang kongres, Ashabul mengakui tensi politik di internal partai berlambang matahari ini terus meninggi. Meski demikian, dia berharap tidak terjadi perpecahan antarkader PAN.

"Mungkin karena yang bertarung ini adalah dua kekuatan besar. Tapi mudah-mudahan tidak sampai terjadi perpecahan di internal kader. Terus terang ini membingungkan," katanya. FC Kuen

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024