Makassar (ANTARA Sulsel) - Timnas anggar Indonesia mengagendakan menggelar try out ke Korea Selatan dalam rangkain persiapan menghadapi SEA Games Singapura 2015.

"Kami rencananya menjalani try ou ke Korsel setelah seleksi atlet SEA Games 2015. Mudah-mudahan bisa terwujud agar kita bisa lebih siap saat tampil di SEA Games," kata Peanggar Pelatnas SEA Games 2015, Muhammad Haerullah, saat dihubungi dari Makassar, Selasa.

Mengenai penunjukan Korea Selatan sebagai lokasi uji coba, berdasaran prestasi negara itu yang sukses merebut tiga dari 10 medali emas Olimpiade London 2012. Selain itu karena timnas juga memang ditangani pelatih asal Korsel Yun Inchul.

Kehadiran pelatih asing itu sebagai upaya timnas dalam menjaga peluang meraih prestasi maksimal pada ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Untuk jadwal try out direncanakan Maret dan April 2015. Kami tentu berharap keberangkatan ke Korsel semakin meningkatkan mental dan kualitas kita jelang SEA Games," ujarnya.

Sementara itu, untuk seleksi atlet SEA Games 2015 resmi berakhir Selasa ini. Pelatih juga telah menentukan 24 tim utama yang terpilih mewakili Indonesia ke SEA Games.

Dari 24 atlet tersebut, tiga di antaranya merupakan atlet asal Sulsel masing-masing Muhammad Haerullah (degen putra), Isnawati Sir Idar (senjata degen putri) serta Aryanto nomor senjata floret.

Muhammad Haerullah dan Isnawati dipastikan masuk tim SEA Games 2015 setelah berada di posisi pertama dalam seleksi yang digelar di Jakarta, 24-27 Januari 2015. Sedangkan Aryanto menempati peringkat empat dan juga dinyatakan lolos.

Ketiga atlet Sulsel tersebut lolos bersama 21 atlet lain yang berasal dari sejumlah daerah seperti Kalimantan Timur, DKI Jakarta dan Sumatera Selatan.

Pada seleksi terakhir SEA Games 2015, diikuti seluruh atlet baik yang berlatih di Jakarta atau di daerah masing-masing. Sebelumnya, peanggar yang melakukan pemusatan latihan di Jakarta berjumlah 24 atlet. Adapun yang berlatih di daerah sebanyak 48 atlet.

Setelah memastikan diri memperkuat timnas SEA Games 2015, peraih medali emas PON 2004 dan 2009 itu mengaku siap bekerja keras. Dirinya juga bertekad memberikan prestasi maksimal bagi kontingen Indonesia pada ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Terkait peluang di SEA Games 2015, dirinya mengaku optimistis bisa meraih hasil maksimal. Peraih emas SEA Games 2011 itu juga akan lebih fokus dalam meningkatkan kemampuannya. T Susilo

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024