Makassar (ANTARA Sulsel) - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia Makassar mengajarkan mahasiswa menulis jurnal ilmiah secara baik dan proprosional.

"Pelatihan menulis ini dilaksanakan dua kali dalam setahun untuk membekali mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan," kata ketua LP2S UMI Makassar Prof Hambali Thalib di Makasssar, Rabu.

Menurut dia, mahasiswa diajarkan bagaimana menulis yang baik guna meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah, untuk dipublish di jurnal maupun secara internasional.

Ia menyebutkan pelatihan tersebut yang diikuti 26 orang terbagi setiap fakultas diikutkan dua orang sebagai utusan fakultas masing masing.

pelatihan menghadirkan narasumber seperti Prof Masrurah Mokhtar MA dengan materi penggunaan bahasa yang baik dan benar, Prof Abdul Makhsud DEA, materi format jurnal nasional dan internasional.

Kemudian Dr Aladin dengan materi metode pencarian daftar pustaka dan cara mempublikasi serta Prof syahnur Said membawakan materi kebijakan penulisan jurnal ilmiah.

"Mahasiswa sebagai insan intelektual tidak hanya pintar bicara tetapi juga harus gemar menulis untuk membuktikan kebenaran tentang sesuatu dalam bentuk tulisan ilmiah," kata Rektor UMI Prof Masrurah Mokhtar.

Ia mengungkapkan dengan pelatihan ini mahasiwa akan mudah mencari jawaban mengenai sesuatu hal ketika ingin membuktikan kebenaran dalam bentuk tulisan ilmiah dan dipublish.

Lanjutnya, menulis artikel untuk jurnal tentu tidak semudah membuat karangan bebas. Ide atau gagasan yang ada dalam benak mahasiswa tidak begitu dituangkan menjadi tulisan sebagai karya ilmiah yang akan dipublish di jurnal.

"Diharapkan pelatihan ini dapat melahirkan mahasiswa yang mengetahui,memahami konsep dasar atau format penulisan ilmiah sehingga mudah dipublish di jurnal nasional maupun internasional," harapnya. Biqwanto

Pewarta : Darwin Faitr
Editor :
Copyright © ANTARA 2024