Makassar (ANTARA Sulsel) - United Nations International Children`s Emergency Fund (UNICEF) mengapresiasi komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak serta pengarusutamaan gender.

"Kami berterima kasih kepada gubernur atas komitmen yang selama ini telah ditunjukkan terkait upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak serta pengarusutamaan gender, dan kami berharap komitmen ini terus dilanjutkan," kata Kepala Perwakilan UNICEF di Indonesia, Gunilla Olsson seusai menemui Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Rabu.

Menurut Gunilla, UNICEF telah cukup lama bekerja sama dengan Provinsi Sulsel terkait isu-isu tersebut. UNICEF, kata dia, melakukan berbagai upaya pendampingan terhadap Pemprov Sulsel.

"Kedatangan saya untuk melihat apa yang selama ini telah kita lakukan bersama-sama dan bagaimana agar kerja sama ini dapat terus berlanjut," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, mengatakan bahwa Pemprov Sulsel memang memiliki kepedulian tinggi terhadap hak-hak anak dan perempuan.

"Sulsel adaperda tentang perlindungan anak, pergub pengarusutamaan gender, bahkan perda tentang Air Susu Ibu (ASI)," kata gubernur.

Lebih lanjut gubernur mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan UNICEF. Sulsel, kata gubernur, ingin menjadi pelopor dalam upaya perlindungan anak dan pengarusutamaan gender.

"Kami ingin UNICEF tetap melakukan pendampingan dan asistensi terhadap program-program yang telah kita jalankan," ujarnya.

Program pendampingan yang dilakukan UNICEF diantaranya adalah pendampingan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di kabupaten/kota di Sulsel, dan pembuatan modul bahan ceramah bagi pemuka agama dengan kandungan yang terkait dengan ini perlidungan dan pemenuhan hak anak serta pengarusutamaan gender.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024