Mamuju (ANTARA Sulbar) - Direksi Bank Indonesia (BI) segera beroperasi di wilayah Provinsi Sulawesi Barat pada akhir tahun ini ditandai dengan penandatangan kesepahaman dengan pemerintah provinsi setempat.

"Tahun ini BI akan beroperasi di Mamuju. Untuk sementara kita siapkan gedung perkantoran kantor Gubernur lama, karena mempertimbangkan aspek keamanan," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Jumat.

Gubernur mengatakan, tahun ini kantor cabang BI segera beroperasi di Sulbar sesuai dengan isi kesepakatan. Hal ini juga untuk menjawab keinginan pemerintah serta masyarakat Sulbar yang sejak lama menginginkan keberadaan BI di Sulbar.

Anwar menambahkan, Pemprov Sulbar akan segera berkoordinasi dengan Pemkab Mamuju untuk segera menyiapkan gedung sementara yang akan digunakan BI dalam waktu dekat ini, sementara pembangunan Kantor permanen BI juga akan dilaksanakan.

Kepala Departemen Regional IV BI Sulampua dan Balinustra, Suwedi mengatakan, salah satu pertimbangan BI untuk membangun kantor cabang di Sulbar karena perkembangan perekonomian Sulbar dalam delapan tahun terakhir rata-rata 8,8 persen dan pertumbuhan ekonomi juga dibarengi dengan inflasi yang sangat rendah, dibawah inflasi nasional.

"Jadi kombinasi pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan inflasi yang rendah, tentu ini akan membawa kesejahteraan kepada masyarakat Sulbar," ujar Suwedi

Suwedi menambahkan, dari kebijakan Dewan Gubernur BI akan merekrut SDM lokal yang ada di Sulbar dengan cara melakukan kerja sama keperguruan tinggi baik Negeri maupun swasta untuk merekrut tenaga lokal.

"Kami akan mendatangi Perguruan tinggi untuk merekrut putra-putri daerah ini sesuai permintaan gubernur. Hal yang pasti kami berencana mengoperasikan kantor BI ini dalam waktu yang tidak lama lagi," ucap Suwedi.

Suwedi berharap kepada Pemkab Mamuju agar segera menyiapkan Gedung sementara paling lambat akhir Februari karena akan segera melakukan renovasi kantor pada bulan Maret 2015.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024