Makassar (ANTARA Sulsel) - Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan (BPS Sulsel) melakukan sosialisasi perubahan tahun dasar Produk Domestik Rasional Bruto (PDRB) berbasis SNA2008.

"Latar belakang perubahan tahun dasar ini, karena pengaruh perekonomian global terhadap struktur perekonomian nasional dalam sepuluh tahun terakhir," kata Kepala BPS Sulsel Nursam Salam di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, selain itu juga dilatarbelakangi adanya rekomendasi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengimplementasikan System of National Account 2008 (SNA2008) dalam penyusunan PDRB.

Sedang latar belakang lainnya, lanjut dia, untuk menjaga konsistensi antara tiga pendekatan PDRB dan memperkecil perbedaan antara PDB nasional dan PDRB.

"Pemilihan tahun 2010 sebagai tahun dasar perhitungan PDRB, karena perekonomian Indonesia relatif stabil," kata Nursam.

Faktor lainnya adalah pada tahun tersebut telah terjadi perubahan struktur ekonomi selama 10 tahun terakhir, terutama di bidang informasi dan teknologi serta transportasi yang berpengaruh terhadap pola distribusi dan munculnya produk-produk baru.

Dia mengatakan, rekomendasi PBB tentang pergantian tahun dasar dilakukan setiap lima atau 10 tahun sekali.

"Selama ini tahun dasar yang digunakan menghitung PDRB adalah tahun 2000, namun mulai besok tahun dasar yang digunakan adalah tahun 2010," kunci Nursam.  Biqwanto

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024