Makassar (ANTARA Sulsel) - Perusahaan pertambangan nikel PT Vale Indonesia Tbk meraih penghargaan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan kategori kinerja K3 baik.

Penghargaan diberikan oleh Wagub Sulsel Agus Arifin Nu`mang kepada Wakil Presiden PT Vale Tbk Bernardus Hirmanto dalam Upacara Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Sulsel di Makassar, Kamis.

"Bagi kami salah satu nilai perusahaan kami adalah keselamatan adalah yang utama, kami bahkan menggaungkan dalam perusahaan kami bahwa keselamatan lebih utama dari pada produksi. Jadi hal utama yang harus kami penuhi dulu adalah keselamatan kerja baru produksi, dan ini yang menjadi landasan operasional kami," kata Bernardus Hirmanto.

Ia menjelaskan bahwa dalam dua tahun terakhir PT Vale telah menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

"PT Vale, juga telah memberikan pelatihan-pelatihan kepada para pekerja agar dapat berkerja secara aman dan baik," ujarnya.

Menurut Bernardus, PT Vale bahkan telah menerapkan Contractor Safety Management System (CSMS) untuk meningkatkan kompetensi para kontraktor di bidang keamanan dan keselamatan kerja.

PT Vale merupakan salah satu dari dua puluh perusahaan yang memperoleh penghargaan K3. Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulsel Simon S. Lopang penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan manajemen K3, dengan evaluasi yang dilakukan setiap tahun.

Bulan K3, kata Simon, merupakan kebijakan yang diterapkan secara nasional. Di Sulsel, bulan K3 berlaku mulai 12 Januari hingga 12 Februari. Selama jangka waktu ini upaya promosi dan sosialisasi K3 dilakukan dengan intens melalui berbagai kegiatan diantaranya perlombaan olahraga dan cerdas cermat.

Simon juga mengatakan penerapan manajemen K3 ini merupakan kewajiban seluruh perusahaan secara nasional. Penerapan sistem ini, kata dia, bukan hanya demi kepentingan perusahaan atau pekerja tetapi juga bagi kepentingan seluruh masyarakat. Agus Setiawan

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024