Makassar (ANTARA Sulsel) - Bupati Enrekang Muslimin Bando meminta bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk memperbaiki sejumlah infrastruktur di wilayah ini.

"Enrekang butuh Rp300 miliar lebih untuk membenahi dan mempercantik jalan poros Enrekang - Toraja," kata Muslimin Bando di sela-sela peringatan Hari Jadi Enrekang ke-55 di Kabupaten Enrekang, Kamis.

Menurut Muslimin Bando, turis manca negara malas datang berkunjung ke Sulsel, khususnya ke Toraja karena harus melewati Enrekang yang memiliki jalanan sempit dan berkelok kelok, serta diapit jurang kanan kirinya.

Karenanya, kata dia, Pemda berharap ada bantuan dari Pemprov Sulsel terkait perbaikan jalan poros ini.

Bupati juga mengutarakan mimpinya untuk membuat bendungan raksasa Sungai Tabang yang debit airnya bisa mencapai 1.825 liter per detik.

"Ini juga kami butuh tidak kurang dari Rp197 miliar," lanjutnya.

Menurut bupati, jika bendungan Sungai Tabang di Kecamatan Bungin dan Maiwa tersebut bisa terlaksana, akan memberikan manfaat bukan hanya untuk Kabupaten Enrekang, tetapi juga untuk kabupaten tetangga seperti Kabupaten Sidrap dan Wajo.

Menanggapi permintaan tersebut, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang turut hadir dalam kesempatan tersebut berjanji akan membantu menyediakan Rp380 miliar untuk pembangunan jalan. Tetapi, kata gubernur, tidak boleh ada masalah menyangkut pembebasan lahan milik warga.

"Nanti kita selesaikan secara adat, dengan catatan tidak muncul persoalan masalah tanah," kata Syahrul. Agus Setiawan

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024