Makassar (ANTARA Sulsel) - Organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barisan Penggerak (Barak) Bangsa menargetkan akan menambah perolehan kursi di Sulawesi pada Pemilu 2019 mendatang.

"Dengan deklarasi ini target untuk kursi di DPR di wilayah Sulawesi bisa bertambah, Targetnya satu daerah pemilihan satu kursi," kata Sekertaris Jenderal Barak Bangsa Pusat Chusniniah Chalim, di Makassar, Sabtu.

Menurut dia, Barak Bangsa diharapkan bergerak secara masif di masyarakat dan merangkul sejumlah elemen dan komunitas dalam melaksanakan berbagai kegiatan positif sekaligus mensosialisasikan PKB kepada publik.

"Langkah ini sebagai titik awal untuk memperkenalkan partai secara dekat kepada masyarakat. Kita berharap perolehan kursi bisa bertambah pada pemilu nanti," ujar anggota Komisi X DPR RI itu.

Ia menyebutkan saat ini presentase suara PKB secara nasional mencapai 9,8 persen, sehingga target untuk perolehan suara pada Pemilu 2019 nanti menjadi pemenang kedua.

"Targetnya pemenang kedua Pemilu 2019, untuk itu diharapkan Barak Bangsa yang sudah dideklarasikan di sejumlah daerah mampu menyumbang suara lima persen pada Pemilu mendatang," harapnya.

Chusniniah menambahkan, bila satu daerah mempunyai kursi maka meski ditambah perolehannya, sementara bila ada daerah tidak mempunyai kursi maka harus didapatkan kursi.

Selain Barak Bangsa, lanjutnya organisasi sayap lainnya yang sudah dibentuk seperti Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa, Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa, Gerakan Perempuan Bangsa dan Gerbang Tani diharapkan akan membantu proses sosilalisasi untuk pemenangan.

"Barak Bangsa ini diharapkan menjadi ujungtombak PKB dalam mensosialisasikan partai kepada masyarakat serta dibantu dengan organisasi sayap lainnya," tambahnya

Ketua Ketua Barak Bangsa Sulsel Bakri Ridwan pada kesempatan itu menyatakan, pihaknya siap dalam menjalankan amanah yang dibebankan kepada timnya di Sulsel.

"Dengan amanah ini kami akan segera melakukan konsolidasi dan segera melakukan pengakderan sampai lapisan tingkat bawah. Bila tidak ada kaderisasi maka akan sulit memenangkan sebuah pertarungan," ucap pria disapa akrap Opan ini.

Selain itu tim yang sudah terbentuk di 24 kabupaten kota, tambahnya, segera bergerak untuk menyampaikan amanah ini kepada masyarakat khususunya di Sulsel.

Sebelumnya, sejumlah kader Barak Bangsa mengikuti pelatihan pendidikann politik di salah satu hotel di Makassar, kemudian dilanjutkan deklarasi Barak Bangsa untuk wilayah Sulawesi.

Hadir pada kesempatan itu Ketua DPN Barak Bangsa Pusat Hery Heriyanto Azumi Sekertaris Jenderal Barak Bangsa Pusat Chusniniah Chalim pengurus Barak Sulawesi Tengah dan Utara dan sejumlah kader PKB lainnya. Agus Setiawan

Pewarta : Darwin Faitr
Editor :
Copyright © ANTARA 2024