Makassar (ANTARA Sulsel) - Perguruan Institut Karate-do Nasional Sulawesi Selatan sukses merebut dua medali emas pada kejuaraan nasional Inkanas Piala Kapolri di GOR C-Tra Arena Cikutra Kota Bandung, Jawa Barat, 27 Februari-1 Maret 2015.

Pengurus Inkanas Sulsel Mursalim Badoo saat dihubungi dari Makassar, Sabtu, mengatakan perolehan medali emas Sulsel masing-masing dipersembahkan Nurizka (kata putri kadet) dan Rian yang berlaga di kategori kata senior putra.

"Kami tentu bersyukur dengan pencapaian atlet merebut medali emas. Perolehan ini masih berpeluang bertambah karena masih banyak atlet yang baru akan menjalani pertandingan," katanya.

Selain medali emas, kontingen Sulsel juga berhasil merebut dua medali perak dan tiga medali perunggu. Untuk perolehan medali perak dipersembahkan Magfira (kata senior putri), dan Irjan di kelas kata putra junior.

Sementara tiga medali perunggu melalui Mutia Auliahayu (kata putri pemula), Krisda Putri (kata putri junior), dan Shifa yang turun di kelas kata putri pemula.

"Hari ini kembali mempertandingkan kategori kata dan kumite pra pemula, pemula, kadet dan junior," jelasnya.

Menghadapi Kejurnas Inkanas Piala Kapolri 2015, Sulsel menurunkan sebanyak 50 karate. seluruh atlet akan tampil pada setiap kategori yang dipertandingkan mulai Pra Pemula, Pemula, Kadet, Junior, Under 21, Senior dan TNI/POLRI.

Pelatih yang rutin menangani timnas Indonesia itu menjelaskan, jumlah yang disepakati sudah maksimal bedasarkan kemampuan anggaran dari perguruan. Dirinya berharap seluruh atlet yang diturunkan bisa membuktikan kualitasnya pada ajang tersebut.

Mengenai penentuan atlet untuk memperkuat tim Sulsel, dirinya mengaku dilakukan berdasarkan pencapaian atlet disejumlah kejuaraan sebelumnya. Pihaknya sengaja tidak menggelar seleksi atlet karena waktu pelaksanaan yang sudah semakin dekat.

Dari 50 atlet yang akan diturunkan, menurut dia, pada umumnya berasal dari perguruan di Makassar. Adapun sekitar 10 atlet diambil dari perguruan dari sejumlah daerah yang ada di Sulsel.

"Kami sengaja minta agar daerah menyiapkan satu atlet terbaiknya untuk bergabung dalam tim Sulsel. Kami cukup optimistis bisa bersaing dan berprestasi di kejurnas Piala Kapolri,"ujarnya. N Yuliastuti

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024