Makassar (ANTARA Sulsel) - Partai Persatuan Pembangunan pada pemilihan kepala daerah secara serentak yang akan dilaksanakan di 248 kabupaten-kota di Indonesia menargetkan kemenangan pada 51 daerah.

"Pilkada akan mulai dilangsungkan akhir tahun ini untuk gelombang pertama dan total daerah yang akan menggelar Pilkada sebanyak 248. Dari jumlah itu kita punya target menang di 51 kabupaten dan kota," ujar Ketua Umum PPP versi Muktamar Surabaya, Romahurmuziy di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, Pilkada serentak itu akan menjadi ajang pembuktian bagi PPP, apalagi ke-51 kabupaten dan kota itu menjadi basis partai berlambang kakbah ini.

Dirinya optimistis peluang memenangkan pilkada di 51 kabupaten dan kota itu setelah sumber daya politiknya dianggap memadai pada tingkat dewan pimpinan daerah (DPD).

"Dari 248 daerah yang menyelenggarakan pemilihan itu, kami target 51 daerah. Kami memiliki sumber daya politik yang memadai di tingkat kabupaten-kota. Kami akan usung sendiri maupun berkoalisi," katanya.

Romi sapaan akrab Romuharmuziy menjelaskan, ada tiga langkah starategis yang dilakukan untuk meraih hasil maksimal. Pertama; pengusulan bakal calon bupati berbasis integritas dan kapabilitas.

Kedua; mengutamakan potensi kader internal yang memiliki tingkat elektabilitas dan kesukaan warga serta yang ketiga; dalam membangun koalisi mesti berbasis kearifan lokal.

"Maksudanya itu, kita tidak membeda-bedakan antara Koalisi Merah Putih (KMP) ataupun Koalisi Indonesia Henat (KIH). Dalam pilkada ini semua punya peluang dalam berkoalisi," jelasnya.

Menurut Romi, persiapan menghadapi pilkada serentak merupakan salah satu agenda dalam melakukan konsolidasi ke sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW). Olehnya itu, pada pekan depan akan membuka pendaftaran calon kepala daerah secara on line.

"Pendaftaran secara online serentak di Indonesia," tutur Romahurmuziy.

Adapun 51 daerah tersebut merupakan basis suara partai berlambang kakbah ini yang dimenangkan dalam pemilihan legislatif April 2014 lalu. Diantaranya Kabupaten Gowa dan Wajo di Sulawesi Selatan. Kemudian di wilayah Jawa seperti, Situbondo dan Tasikmalaya.

"Kami optimitis meraih kemenangan di 51 daerah itu, sebab daerah itu perolehan suara kami di pileg menggembirakan," ucapnya. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024