Makassar (ANTARA Sulsel) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Sulawesi Selatan menargetkan kemenangan pemilihan kepala daerah di empat kabupaten yang akan digelar akhir tahun ini.

"Pada pilkada serentak yang akan digelar tahun ini ada 11 kabupaten yang akan melaksanakannya dan empat di antaranya itu menjadi fokus untuk dimenangkan," ujar Ketua DPW PKS Sulsel Akmal Pasluddin, Senin.

Empat daerah yang menjadi prioritas dimenangkan yakni Kabupaten Kepulauan Selayar, Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Luwu Utara (Lutra), dan Luwu Timur (Lutim).

Akmal mengungkapkan, khusus untuk Pilkada Kabupaten Pangkep, PKS akan mengusung salah satu tokoh nasional yakni Tamsil Linrung, yang sebelumnya menjadi salah satu penantang Ramdhan Pomanto saat Pemilihan Wali Kota Makassar beberapa waktu lalu.

Sementara di Kabupaten Kepulauan Selayar, PKS akan mengusung Legislator DPRD Sulsel Ariady Arsal. Pada Pilkada Luwu Utara diusung Abdullah Rahim dan Aswito di Pilkada Luwu Timur.

"Inilah empat kader yang mempunyai potensi untuk menang dan kami tengah mempersiapkan mereka di Pilkada," kata Akmal yang juga legislator DPR-RI itu.

Meski begitu, terang Akmal, empat kader yang tengah dipersiapkan tersebut belum tentu maju sebagai calon bupati. Pasalnya jumlah kursi yang diperoleh PKS belum tercukupi sehingga mereka mesti berkoalisi.

"Untuk koalisi sudah ada instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk tetap bersama dengan partai-partai Koalisi Merah Putih (KMP). Permintaan agar tetap bersama dengan KMP, lebih kepada agar koalisi ini tetap solid hingga ke tingkat daerah," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Sulsel, La Tinro La Tunrung menegaskan bahwa partainya juga hanya akan mengusung calon yang potensial dan dia menargetkan dua daerah di Pilkada nanti.

"Kami harus realitis saja. Itupun sudah cukup. Meskipun kami menjadi pemenang kedua pada pemilu lalu di Sulsel, tetapi kita tidak mau terlalu jauh memasang target," katanya. T Susilo

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024